Ragam Informasi
Trending

Penutupan Ruwat Desa Pangkemiri Menggelar Wayang Kulit

Sidoarjo, Mediajurnalindonesia.id – Wayang kulit adalah bentuk tradisional dari kesenian wayang yang aslinya ditemukan dalam budaya Jawa dan Bali di Indonesia. Narasi wayang kulit seringkali berkaitan dengan tema utama kebaikan melawan kejahatan. Dalam wayang mengandung pelajaran, filosofi, dan simbol-simbol yang menjadi nilai hidup dan moral bangsa Indonesia, terutama masyarakat Jawa. Sehingga pada tanggal 7 November 2013 UNESCO menetapkan wayang sebagai warisan dunia tak benda.

Mulyono Kades Pangkemiri Kecamatan tulangan mengatakan selama saya menjabat sebagai kades setiap tahun setiap tahun ada pagelaran wayang kulitmu dalam rangka ruwat desa. Mengenai surat edaran dari bapak bupati pakai dalang gagrak porongan hanya tahun ini memakai dalang gagak porongan.

BACA JUGA   Seribu Lebih Warga Sidoarjo Nembang Macapat

“Selama saya menjabat kades di Desa Pangkemiri tetap melanjutkan kegiatan ruwat desa seperti sebelum-sebelumnya,” kata Mulyono.

“Alhamdulillah pak dalang yang dikehendaki masyarakat ternyata bisa kita panggil untuk mengelar wayang kulit di Desa Pengemudi,” katanya

Pak Kades menambahkan masyarakat desa bersama lembaga memutuskan untuk kegiatan ruwat desa tahun 2024 masyarakat menghendaki Ki Dalang yang lain. Berdasarkan hasil musyawarah untuk meminta Ki Dalang pada saat itu juga. Alhamdulillah ki dalang bisa kalau memang tidak bisa terpaksa mengambil dalang yang lainnya. Pada malam itu juga kita musyawarah dengan Ki Dalang melalui telepon ki dalang mengatakan bisa

BACA JUGA   Pelebaran Jalan Ruas Pemenang-Bayan Dijadwalkan Tuntas Pertengahan 2024

Mulyono menjelaskan di Desa Pangkemiri untuk ruwat desa dari masyarakat Pangkemiri permintaannya memang wayang kalau kegiatan lain atau untuk acara lain tidak memakai wayang. Hanya khusus untuk ruwat desa menggelar wayang kulit. Dan kita menggelar kegiatan ini melibatkan generasi milenial termasuk karang taruna dan lainnya supaya bisa melestarikan kebudayaan Nusantara.(msa)

Artikel Lainnya

Back to top button