Ragam Informasi
Trending

Jadikan Anak Binaan Berjiwa Entrepreneur, PSBR Karya Mandiri Dinas Sosial NTB Ramaikan Pasar Ramadhan

Mataram, Mediajurnalindonesia.id-Melalui Kegiatan Pasar Ramadhan, Kegiatan pembinaan yang diberikan di PSBR ”Karya Mandiri” Dinas Sosial Provinsi NTB berbeda dengan lembaga diklat lainnya yang ada di NTB, selain anak binaan mendapatkan kegiatan vocasional training, mereka juga diberikan pembinaan sikap mental keagamaan, bimbingan sosial dan bimbingan pengetahuan tentang dunia industri dan dunia kewirausahaan.

Kegiatan Pasar Ramadan dapat mewujudkan generasi yang berani menghadapi dan menjawab tantangan zaman pada dunia industri dan dunia usaha. Anak Binaan PSBR “Karya Mandiri” ambil bagian pada gelaran Pasar Ramadan di Pesona Khazanah Ramadan tahun 2023, yang dilaksanakan di Islamic Center Nusa Tenggara Barat.

Selain melatih anak binaan pada program produksi, mereka juga dilatih bagaimana memasarkan hasil produksi tersebut, ini bertujuan agar anak binaan bisa mengembangkan jiwa entrepreneur sekaligus penguatan karakter.

BACA JUGA   Realisasikan Program Jalan Produksi dan Pembangunan Gudang Garam di Kab. Bima, Petani Garam Siap Antarkan HMS Kembali ke Senayan

Anak binaan PSBR melaksanakan kegiatan Pasar Ramadan yang dimulai hari ini sabtu, 1 April 2023 sampai dengan 15 April 2023. Adapun anak binaan yang mengikuti kegiatan Pasar Ramadan ini adalah mereka yang fokus di jurusan Tata Boga dan Tata Busana.

Mereka memasarkan berbagai makanan, minuman, dan pakaian hasil produksi mereka sendiri. “Harapannya mereka menjadi pribadi yang tangguh di kemudian hari, yang bisa menjadi anak yang mandiri serta gemilang,” ungkap Kepala PSBR Karya Mandiri, Mawardin, A.KS.

Kulwa Intan, salah seorang anak binaan dari Kabupaten Lombok Barat, mengaku senang belajar berdagang. “Insya Allah dagangan kami pasti laris,” ucapnya.

BACA JUGA   80 Jenderal Purnawirawan TNI/Polri Dukung Anies-AHY Maju Pilpres 2024

Hal senada diungkap oleh Fani Mailani, anak binaan yang berasal dari Kabupaten Sumbawa. “Seru kita bisa ikut berjualan disini, kita bisa menonton pentas seni dan bisa ikut Sholat di Islamic Center NTB, pokoknya senang banget,” ungkapnya.

“Hal yang menarik dari kegiatan Pasar Ramadan kali ini yaitu merupakan rangkaian dari kegiatan Ramadan Berbagi yang rangkaian kegiatannya sudah terjadwal selama Bulan Ramadan. Kami merasa senang atas kepercayaan dan dukungan yang diberikan oleh para pembina kami terutama kepala Panti di PSBR untuk membuka stand di Pasar Ramadan yang dilaksanakan oleh Forum Musyawarah Anak Asuh (FORMAS) PSBR “Karya Mandiri” ungkap Fahri Maulana Ketua Formas PSBR yang berasal dari Kabupaten Dompu. (red)

Artikel Lainnya

Back to top button