Ragam Informasi
Trending

TP. PKK Kabupaten Sidoarjo Perkuat Kader PKBN PKK Desa

Sidoarjo- Mediajurnalindonesia.id || TP. PKK Kabupaten Sidoarjo perkuat Kader PKBN (Pembinaan Kesadaran Bela Negara) PKK Desa. Mereka mendapatkan pembekalan penguatan kesadaran cinta tanah air. Kegiatan Pembekalan Kader PKBN PKK Desa digelar TP. PKK Sidoarjo di Balai Desa Pagerwojo, Kecamatan Sidoarjo, Kamis, (6/7). Seratus orang Kader PKBN PKK Desa ikut dalam kegiatan tersebut. Selain itu juga hadir anggota PKK dari beberapa desa di Kecamatan Buduran serta anggota Karang Taruna, Fatayat dan Muslimat NU.

Kegiatan tersebut dihadiri Ketua Bidang I Ny. Ary Andjar Surjadianto serta Ketua Pokja I Ny. Musyaiyadah dan jajaran pengurus TP. PKK Sidoarjo. Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik/Bakesbangpol Sidoarjo Didik Widoyoko dihadirkan sebagai narasumber.

Ketua Bidang Ny. Ary Andjar Surjadianto mengatakan Pembekalan Kader PKBN PKK Desa digelar dengan tujuan meningkatkan kesadaran cinta tanah air, berbangsa, dan bernegara. Kegiatan tersebut merupakan program kerja Pokja 1 TP. PKK Kabupaten Sidoarjo yang mengutamakan penguatan kesadaran cinta tanah air. Pesertanya bukan hanya kader PKBN PKK Desa saja namun juga perwakilan masyarakat desa dan organisasi masyarakat. Seperti anggota Karang Taruna, Fatayat dan Muslimat NU. Jumlahnya 100 orang.

BACA JUGA   Sambut HUT TNI Ke-78, Kodim 1628/SB Gelar Bhakti Sosial Donor Darah Dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis

“Kegiatan ini digelar untuk memperkuat kesadaran cinta tanah air, berbangsa, dan bernegara kader PKBN PKK Desa dan masyarakat Sidoarjo,”ujarnya

Sekretaris Bakesbangpol Sidoarjo Didik Widoyoko, menjelaskan bahwa wawasan kebangsaan merupakan isu strategis nasional. Dikatakannya pembangunan fisik yang sedang berlangsung harus diimbangi dengan pembangunan mental, yakni wawasan kebangsaan.

“Salah satu poin penting dalam acara ini adalah penguraian mengenai pentingnya persatuan dan kesatuan dalam membangun negara, peran ibu-ibu sebagai motor penggerak dalam menanamkan wawasan kebangsaan sangatlah urgent,”ucapnya.

Mantan Camat Tulangan tersebut mengatakan PKK memiliki peran yang penting dalam upaya meningkatkan kesadaran cinta tanah air, berbangsa, dan bernegara. PKK berfungsi sebagai agen perubahan dan teladan bagi generasi muda. Selain itu, PKK juga bertugas menanamkan ideologi wawasan kebangsaan sejak dini kepada masyarakat desa.

BACA JUGA   Rohmi-Firin dan Serangan Dunia Maya

“Melalui pembekalan ini, diharapkan kader PKBN PKK Desa dapat menjadi garda terdepan dalam melawan ideologi asing atau paham yang dapat merusak Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),”harapnya.

Didik Widoyoko juga berharap dengan diselenggarakannya acara seperti ini masyarakat desa akan semakin memiliki kesadaran cinta tanah air, berbangsa, dan bernegara yang kuat. Peran PKK juga diharapkan dapat menciptakan generasi muda yang memiliki wawasan kebangsaan yang kokoh, serta masyarakat desa yang dapat menjaga kondusifitas lingkungan. Dikatakannya pentingnya menjaga kondusifitas sebagai pijakan dalam membangun bangsa yang lebih baik.

“Kegiatan seperti ini dapat memberikan pemahaman mengenai pentingnya menjaga kondusifitas lingkungan desa. PKK juga berperan dalam menjaga kerukunan dan keharmonisan di tingkat desa,”ucapnya.(Nit)

Artikel Lainnya

Back to top button