Ragam Informasi
Trending

Studi Ekskursi Manajemen Umsida: Merdeka Belajar Bersama DJPPR Uhamka, Perusahaan Di Jakarta

SIDOARJO.Mediajurnalindonesia.id- Untuk lebih memperdalam ilmu Bisnis, Hukum, dan llmu Sosial, Umsida (Universida Muhammadiyah Sidoarjo) melakukan kegiatan di luar kampus atau company visit dan sudah dilakukan mulai tahun 2014 serta berlangsung hingga saat ini.

Dekan Fakultas Bisnis, Hukum, dan llmu Sosial Wisnu P. Setiyono, Ph.D mengatakan company visit berasal dari kegiatan mahasiswa studi lapangan itu kita awali di 2014 di sekitar Sidoarjo seperti Pasuruan, Surabaya. Dalam perkembangannya melakukan kunjungan ke Jogja tepatnya ke Sari Husada, kemudian konsepnya kita ubah menjadi semacam studi lapangan seperti seminar antar perguruan tinggi dan sebagainya.

“Kegiatan company visit mulai dilakukan tahun 2014 dengan sasaran ke perusahaan yang ada di sekitar Sidoarjo,” kata Pak Dekan FBHIS

“Kunjungan ke perusahaan sudah berlangsung selama tujuh tahun dan untuk tahun ini ke DJPPR, Uhamka (Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA), Perusahaan SMESCO dan Bhinneka,” tambahnya

Dekan Wisnu menjelaskan Company visit ini sudah berjalan sekitar 7 tahun tapi sempat terjeda karena adanya wabah covid sehingga 2 tahun tidak melakukan kegiatan dan untuk tahun ini tepatnya di bulan Februari kita akan melakukan kunjungan ke DJPPR (Direktorat Jendral Pengelolaan Pembiayaan dan Resiko), Uhamka, Perusahaan SMESCO dan Bhinneka di Jakarta dengan sistem edutrip dan file trip selama 3 hari. Dengan diikuti lebih tiga ratus mahasiswa dan didampingi dua puluh dosen

BACA JUGA   Sambut Hut TNI Ke-78 Camat Maluk Dan Pemdes Maluk Berikan Apresiasi Kodim 1628/ KSB Program RTLH

Dekan Wisnu P. Setiyono, Ph.D menjelaskan selama kegiatan di Jakarta juga melakukan MOU dengan DJPPR, beberapa kampus terkait dengan MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) di mana bentuk kerjasama itu bisa seperti pertukaran pelajar, seminar bersama, pertukaran hasil publikasi ilmiah yang dilakukan oleh dosen dan sebagainya.

“Selama kegiatan di Jakarta dilakukan penandatangan MOU dengan beberapa kampus serta DJPPR,” terang Dekan Wisnu

Harapannya dengan melakukan kegiatan ini mahasiswa menjaga kesehatan, marwah nama baik Umsida kaitannya dengan belajar bersama serta mahasiswa mampu menyerap ilmu baik dari sisi edukasi maupun dari kebermanfaatan bersama.

BACA JUGA   Bupati Acuh Masa Aksi Mengeluh

Kaprodi Manajemen Detak Prapanca, S.E., M.M. menjelaskan dengan pemberangkan sekitar 300 mahasiswa ke Jakarta dengan tujuan untuk pengembangan diri mahasiswa, memperkenalkan Ilmu Manajemen ke perusahaan, mengaplikasikan materi yang diperoleh selama masa perkuliahan, pemahaman dunia kerja.

“Tujuan kegiatan ini ada beberapa hal yang didapatkan oleh mahasiswa,” terang Kaprodi Detak.

“Di Jakarta dilakukan penandatangan MOA dengan DJPPR dan kunjungan ke beberapa perusahaan,”tambah Kaprodi.

Pagi hari dilaksanakan penandatangan MOA dengan DJPPR sehingga mahasiswa bisa magang ke DJPPR. Siangnya dilanjutkan ke Perusahaan SMESCO dan Bhinneka memperkenalkan mahasiswa terkait materi ilmu-ilmu marketing termasuk manajemen dalam konsep besarnya yang diterima selama masa kuliah.

Harapan kedepannya mahasiswa bisa mengenali dunia kerja seperti bagaimana bisa mengaplikasikan ilmu yang didapat selama kuliah untuk di luar dan mahasiswa mengenal MBKM.(msa)

Artikel Lainnya

Back to top button