Ragam Informasi
Trending

Peringati HUT BNN ke-21,BNNK Sumbawa Barat Buat Trobosan Baru Posyandu WAR ON DRUGS dan CATIN diwajibkan Tes Urine

Sumbawa Barat.Mediajurnalindonesia.id-Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia (BNN RI) menggelar HUT ke-21 serentak di laksanakan di kota kabupaten seluruh Indonesia dengan Akselerasi War On Drugs menuju Indonesia bersinar (Bersih Narkoba).BNNK Sumbawa Barat memperingati HUT ke 21 bertempat di Aula Kantor BNNK Sumbawa Barat pada rabu 22 maret 2023.

Dalam sambutan Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Sumbawa Barat AKBP Yuanita Amalia Sari S.E,.M.Si menyampaikan bahwa dalam rangka menyambut HUT BNN RI ke -21, BNNK Sumbawa Barat melakukan beberapa rangkaian sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat Kabupaten Sumbawa Barat berupa kegiatan donor darah yang berasal dari pegawai BNNK,posyandu WAR ON DRUGS, pembentukan intervensi berbasis masyarakat, bakti sosial ke pesantren.

” Serta kampanye GEMA ANTI NARKOBA sebanyak 14.577 peserta generasi muda Sumbawa Barat dalam menyanyikan Mars BNN Anti Narkoba sekaligus pemecahan Rekor Muri dengan peserta dari Anggota Polres Sumbawa Barat, Kodim 1628/ Sumbawa Barat dan pelajar SD,SLTP dan SLTA,” jelasnya

AKBP Yuanita menerangkan,dalam upaya War On Drugs ,BNN RI konsisten mengusung empat strategi yaitu Soft Power Approach,Hard Power Approach, Smart Power Approach dan Coopertion. Dalam strategi Soft Power Approach meliputi bidang pencegahan, pemberdayaan masyakarat dan rehabilitasi diantaranya pembentukan Desa Bersinar,ketahanan keluarga,untuk membentengi para remaja dari Narkoba, dilakukan pencegahan di lingkungan pendidikan melalui pengembangan kemampuan SMP dan SMA sederajat agar secara mandiri melatih softskills anak didiknya.

BACA JUGA   Polres Loteng Amankan Lima Orang Copet Saat Pelepasan Jemaah Haji

“Lanjutnya, dalam bersosialisasi dengan dibekali kemampuan dalam mengenal diri dan mempengaruhui teman sebayanya untuk menolak Narkoba melalui dialog interaktif remaja di SMA 1 Taliwang, SMPN 1 Taliwang,SMPN 1 Brang Ene, SMKN 1 Brang Ene dan pelaksanaan tes urine di sekolah-sekolah,” ujarnya

Kata AKBP Yuanita, selain pada bidang rehabilitasi,jumlah pecandu atau penyalahgunaan Narkotika yang telah menjalani rehabilitasi pada layanan BNNK Sumbawa Barat dan mitra BNN RI tahun 2022 sebanyak 51 orang dengan peningkatan penilaian SPM atau SNI KLINIK kategori A dan tingkat kepuasan untuk layanan rawat jalan sebesar 3,49 (kategori baik) dalam skala indeks kepuasan masyarakat 1-4.

“Pada strategi selanjutnya yaitu Hard power Approach, BNN RI melakukan upaya pemberantasan jaringan sindikat Narkotika,dalam pelayanan Tim Asesment terpadu,BNNK Sumbawa Barat telah melakukan asesment sebanyak 59 orang,BNNK Sumbawa Barat sebagai ketua TAT yang beranggotakan Polres, Kejaksaan dan Rumah Sakit As-Syifa. Selain itu BNNK Sumbawa Barat bersama aparat penegak hukum lainnya melakukan razia di beberapa kawasan rawan Narkoba seperti tempat hiburan malam dan hunian.” tegas AKBP Yuanita

Ia menambahkan, Untuk mendukung upaya perang melawan Narkotika, pendekatan Smart Power Approach dilakukan melalui pemanfaatan teknologi informasi dan riset,dalam aspek pemanfaatan teknologi informasi, BNN RI menyempurnakan berbagai layanan dalam BNN One Stop Service (BOSS).

Selanjutnya, strategi BNN RI lainnya yang tak kalah penting adalah Coopertion. Melalui strategi Coopertion BNN RI menjalani kerjasama dengan komponen masyarakat. BNNK Sumbawa Barat bekerjasama dengan Kementerian Agama Sumbawa Barat mewajibkan Calon Pengantin ( Catin) untuk dilakukan tes urine sebagai upaya deteksi dini warga Sumbawa Barat dalam memasuki kehidupan pernikahan untuk sehat jasmani dan mental.

BACA JUGA   Kominfotik NTB Sambut Baik KKJ NTB Untuk Keselamatan Jurnalis

Bupati Sumbawa Barat yang diwakili oleh Asisten 1, Drs Mulyadi,.M.S.i menyampaikan ucapan selamat dan sukses atas terselenggaranya HUT BNN ke- 21 dengan Akselerasi War On Drugs menuju Indonesia bersinar (Bersih Narkoba).Semoga Kabupaten Sumbawa Barat Bersinar.

¬†” Dengan adanya Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba¬†(P4GN) bukan tugasnya BNNK Sumbawa Barat saja, namun tugas kita bersama-sama agar Kabupaten Sumbawa Barat menjadi Kabupaten yang Bersinar (Bersih Narkoba),” ucapnya.

Ia berharap, kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Sumbawa Barat dan seluruh masyakarat Kabupaten Sumbawa Barat agar bersama-sama BNN untuk melawan Narkoba.Berikan pemahaman dan edukasi terkait bahaya narkoba baik menurut kesehatan maupun secara agama.

Dalam acara HUT BNN RI ke-21 secara Virtual dengan dihadiri Bupati Sumbawa Barat diwakili Asisten 1 Drs Mulyadi,M.Si, Ketua DPRD KSB Kaharuddin Umar, Dandim 1628/KSB Letkol Inf Octavian Englana Partadimaja,Kapolres AKBP Heru Muslimin S.IK.MIP, Kepala BNN KSB AKBP Yuanita Amalia Sari S.E.,M.Si, Kajari yang diwakili Kasidatun,Kasat Narkoba Polres Sumbawa Barat, Kepala Dikes Sumbawa Barat.(Rozak)

Artikel Terkini

Back to top button