Ragam Informasi
Trending

Kerjasama Nasional 3 Kampus Muhammadiyah: Kajian Pengembangan UMKM

Jakarta, Mediajurnalindonesia.id – Seminar Nasional bertajuk “Penguatan Pilar Ekonomi lndonesia melalui peningkatan Kinerja UMKM menuju SDGs” 9/2/2023 di Aula A.R. Fahruddin Universitas Prof. Dr. Hamka berlangsung seru. Pertemuan ilmiah itu digagas oleh 3 perguruan tinggi Muhammadiyah: Umsida (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo), Uhamka (Universitas Prof. Dr. Hamka), dan UMT (Universitas Muhammadiyah Tangerang).

Seminar tersebut menghadirkan para pakar ekonomi dari 3 kampus Muhammadiyah dan 1 keynot speaker: Dr. H. Anwar Abbas, M.M., M.Ag. seorang ulama, dosen, dan ahli ekonomi Islam Indonesia yang menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) periode 2020–2025. Peristiwa ilmiah itu diperkuat dengan penandatanganan MoA tiga kampus di atas: Umsida-Uhamka-UMT.

Dr. Sriyono dari Umsida telah mempersiapkan 320 mahasiswanya dari Prodi Manajemen sejak 4 bulan lalu, mereka dipersiapkan untuk mengkaji permasalahan ekonomi utamanya UMKM yang akan diseminarkan di Uhamka hari ini. Sebagai ketua acara perwakilan dari Umsida ia menjelaskan: “pertemuan ilmiah ini bukan sekedar mahasiswa mendengarkan dosennya menyampaikan materi seminar, namun mahasiswa juga turut menampilkan gagasan ekonominya dalam artikel ilmiahnya yang dikompetisikan 3 kampus: Umsida-Uhamka-UMT”. Artikel ilmiah terbaik akan dipublikasikan pada jurnal ilmiah nasional terindeks sinta-3. Dekan FBHIS Umsida Wisnu P. Setyono, Ph.D. menegaskan bahwa Umsida sedang gigih dan dalam kajian UMKM dan pengembangan ekonomi kreatif mahasiswa dengan pelbagai pergerakan.

BACA JUGA   Semangat Kebersamaan Satgas TMMD 116 Kodim 1607/Sumbawa Dan Masyarakat Terlihat Dalam Mengerjakan Setiap Sasaran

Pertemuan ilmiah semakin semarak dengan motivasi dari Rektor UMT Dr. H. Ahmad Amarullah, M.Pd bahwa “Menghadiri seminar adalah kecintaan terhadap majelis ilmu, kehadiran karena cinta terhadap majelis ilmu, bukan karena terpaksa atau takut sama dosennya.” Mahasiswa akan terus bergerak mengembangkan perekonomian nasional dan sangat potensial pada UMKM industri kreatif. Pernyataan ini semakin tegas dengan pernyataan Dekan FEB Uhamka Zulfahmi SE, MM. bahwa UMKM lndonesia adalah terbesar di Asia dan sangat potensial menjadi pilar bangsa lndonesia.

BACA JUGA   Cek Urine Anggota, Si Propam Polresta Mataram Pastikan Anggota Bebas Narkotika

Mahasiswa akhirnya terhipnotis dan bergairah untuk mengembangkan UMKM keetika keynote speaker Dr. H. Anwar Abbas, M.M., M.Ag. yang akarab dipanggil Buya Anwar Abbas mencotohkan: “Ada mahasiswa semester-5 yang sudah malu jika merengek minta uang kepada orang tuanya, atau mahasiswa yang baru lulus merengek minta pekerjaan kepada pamannya yang pengusaha”. Mahasiswa adalah pemuda pemudi penggerak bangsa yang harus penuh percaya diri menciptakan perekonomian maju bagi sekelilingnya.(jk/msa)

Artikel Lainnya

Back to top button