Jakarta,Mediajurnalindonesia.id |
17 November 2025 – Badan Gizi Nasional (BGN) secara resmi meluncurkan Call Center 127 SAGI (Sistem Aduan Gizi Indonesia) dalam sebuah acara di Jakarta, yang menjadi bagian dari upaya serius pemerintah dalam mewujudkan program Makan Bergizi Gratis (MBG) untuk seluruh anak Indonesia. Peluncuran ini diharapkan dapat menjadi jembatan komunikasi yang efektif antara BGN dengan calon mitra penyedia dapur gizi di seluruh Indonesia, termasuk di daerah-daerah.
Program Makan Bergizi Gratis sendiri merupakan inisiatif strategis yang dicanangkan untuk mengatasi masalah gizi di Indonesia, khususnya pada anak-anak. Dengan target ambisius menjangkau 82,9 juta penerima manfaat mulai dari anak sekolah, balita, hingga ibu hamil dan menyusui, program ini membutuhkan dukungan infrastruktur yang kuat dan responsif. Hingga Agustus 2025, program MBG telah berhasil menjangkau lebih dari 20 juta orang melalui 5.905 Satuan Pelayanan Pemenuhan Gizi (SPPG) di seluruh provinsi, menunjukkan komitmen BGN dalam mencapai targetnya.
Ketua Dewan Pengawas Sahabat Awak Media Pertanian Indonesia (SAMPI), Jerry Roger, menyambut baik peluncuran Call Center 127 ini. Menurutnya, layanan ini akan memungkinkan calon mitra untuk berkomunikasi langsung dan mengadukan berbagai permasalahan yang dihadapi, terutama terkait proses pengajuan dan verifikasi titik dapur gizi.
“Dengan hadirnya Call Center 127, kami berharap dapat memberikan solusi atas kendala yang dihadapi oleh calon mitra BGN Pusat Jakarta. Ini juga bisa mempercepat proses penetapan titik dapur bagi mereka yang telah lama mengajukan permohonan, sehingga tidak perlu bolak-balik mendatangi BGN Pusat,” ujar Jerry. Ia juga menekankan pentingnya menghindari kesan lambat dalam birokrasi agar tidak menimbulkan prasangka negatif di masyarakat.
Yajid, salah satu staf BGN Pusat, menegaskan pentingnya dukungan semua pihak terhadap program ini. “Kami sangat mengharapkan bantuan, dukungan, dan partisipasi dari seluruh elemen masyarakat untuk menjaga program yang baik ini. Ini adalah program yang sangat bagus dan bermanfaat untuk membantu serta menjamin pemerolehan gizi terbaik bagi anak-anak Indonesia,” ungkap Yajid.
Kepala BGN, Dadan Hindayana, menambahkan bahwa keberadaan Call Center 127 SAGI akan meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam pelaksanaan program MBG. BGN juga berkomitmen untuk melatih ribuan personel guna memperluas jangkauan layanan, memastikan bahwa setiap keluhan dan masukan dapat ditangani dengan cepat dan tepat.
Peluncuran Call Center 127 SAGI ini merupakan langkah maju BGN dalam memastikan program Makan Bergizi Gratis berjalan optimal, transparan, dan dapat diakses oleh semua pihak yang berkepentingan, demi tercapainya generasi Indonesia yang lebih sehat dan cerdas.(Daeng S)

Tinggalkan Balasan