Ragam Informasi
Trending

Wabup Subandi Tekankan Pelayanan Publik Desa Berbasis Digital

KOMINFO, Sidoarjo. Mediajurnalindonesia. Id || Pemerintah desa se-Kecamatan Sedati menggelar Bintek Peningkatan Kapasitas Desa, Jumat malam (10/11) di Hotel Batusuki, Batu. Bintek ini sangat penting karena pemerintah desa adalah garda terdepan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Wakil Bupati Sidoarjo, Subandi, memberikan apresiasi yang tinggi untuk kegiatan peningkatan kapasitas pemerintah desa. Ini merupakan upaya untuk meningkatkan SDM Pemerintah desa. Dimana permasalahan yang dihadapi masyarakat saat ini sangat komplek, memerlukan respon cepat, dan tepat.

“Kinerja pemerintah desa ini tentunya harus mengikuti perkembangan teknologi informasi. Tuntutan masyarakat saat ini adalah pelayanan pemerintah yang cepat, mudah dan murah. Pelayanan semacam ini sebagai implementasi dari visi penyelenggara pemerintahan yakni good governance,” jelasnya.

BACA JUGA   Diwakili Sekda Atas Nama Pemerintah Dompu Akan Membuka Jalur Ternak di Kawasan Ho’do

Ia juga mengatakan bahwa, selama ini Pemkab Sidoarjo juga telah menerapkan inovasi yang bisa diakses masyarakat lewat android, seperti aplikasi SiPraja pelayanan kependudukan, perijinan dari tingkat desa hingga kecamatan, E-Kenda untuk pengadaan barang dan jasa, dan lain sebagainya.

“Jaringan fiber optic untuk inovasi ini juga sudah disediakan oleh Pemkab Sidoarjo, untuk mendukung inovasi pelayanan publik. Hampir semua OPD telah memiliki inovasi pelayanan secara digital,” jelasnya.

Camat Sedati, Abu Dardak, mengucapkan terima kasih kepada Wabup Subandi yang turut mengakselerasi dan memantau terus pembangunan di kecamatan Sedati. Untuk itu semua elemen pemerintah desa harus saling terintegrasi dalam memberikan pelayanan yang baik terhadap masyarakat.

BACA JUGA   Pengurus PWI Sumbawa Barat Resmi Dikukuhkan

“Saya mengucapkan terima kasih banyak kepada para kepala desa yang telah menjalankan tugasnya denga baik. Dan saya memberikan apresiasi kepada pemerintah desa yang telah menjalan pembayaran PBB terbaik se-kecamatan Sedati yakni Desa Pranti,” jelasnya.

Semoga hal ini menginspirasi desa – desa lain di Kecamatan Sedati ini untuk lebih meningkatkan perolehan PBB. Kesadaran masyarakat dalam membayar pajak didasari dengan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah.

Menurutnya, kinerja pemerintah desa dalam hal pelayanan publik yang baik, secara tidak langsung akan menumbuhkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah desa. (Nit/eny)

Artikel Terkini

Back to top button