Ragam Informasi
Trending

Persiapan Pagelaran Adat Seni Budaya Sandeka Dilao’ Desa Labuhan Lalar Polres KSB Berikan Keamanan

Sumbawa Barat.Mediajurnalindonesia.id-Guna memberikan rasa aman dan nyaman selama kegiatan pagelaran adat dan seni budaya sandeka dilao” berlangsung, Kapolres Sumbawa Barat AKBP Yasmara Harahap SIK, yang di wakili Wakapolres Sumbawa Barat Kompol Jamaluddin S.Sos melaksanakan monitoring dalam hal keamanan dan ketertiban masyarakat di lokasi Pagelaran adat dan seni budaya  sandeka dilao” Desa Labuhan Lalar Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat, Sabtu (6/7/203), pukul 21.00 wita.

Wakapolres Sumbawa Barat Kompol Jamaluddin S.Sos melalui kasi humas Polres IPDA Edi Sobandi Adireja S.Sos mengatakan, pengecekan lokasi Pagelaran adat dan seni budaya Sandeka Dilao” Desa Labuhan Lalar 2023 dalam rangka memberikan rasa aman dalam pelaksanaan Sandeka Dilao”.

” Pagelaran adat dan seni budaya sandeka dilao” Desa  Labuhan Lalar 2023 ini akan di buka pada hari minggu tanggal 7 mei 2023 sampai acara puncaknya pada tanggal 14 mei 2023, selama 1 minggu,” jelas Kasi Humas.

Lanjut Edi, Wakapolres Sumbawa Barat Kompol Jamaluddin S.Sos pada kesempatan ini di dampingi Kabag Ops Polres Sumbawa Barat, Kompol GD. Maharta SH, Kapolsek Taliwang AKP Mulyadi S.Sos, Wakapolsek Taliwang IPDA Saidi, Bhabinkamtibmas dan Babinsa desa setempat, personel piket Polsek Taliwang.

Di lokasi Pagelaran adat dan seni budaya Sandeka Dilao” Wakapolres dan PJU di sambut oleh Kepala Desa Labuhan Lalar Rahmanuddin, Ketua panitia Sandeka Dilao” Dedi Damhudi dan sekretaris, para Kepala Dusun, para ketua RT dan segenap panitia pagelaran adat seni dan budaya sandeka dilao”desa labuhan lalar tahun 2023.

Kasi Humas menyampaikan Wakapolres Sumbawa Barat mengimbau kepada seluruh masyarakat desa labuhan lalar untuk bersama -sama menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), terutama selama pagelaran adat dan seni budaya sandeka dilao” ini berlangsung.

BACA JUGA   Dua Tahun Berturut-turut Darmawan Prasodjo Raih Green Leadership Utama Award, PLN Pecah Rekor Borong 20 Proper Emas KLHK 2023.

Ia menambahkan personel piket polsek Taliwang juga di tempatkan dilokasi Sandeka dilao” untuk mengantisipasi gangguan terhadap kegiatan Pagelaran adat dan seni budaya sandeka dilao” desa labuhan lalar tahun 2023.

Kasi Humas menambahkan selain melaksanakan pengamanan secara patroli dengan berkeliling di area hiburan rakyat, personel juga berikan pesan – pesan kamtibmas serta mengajak masyarakat untuk sama-sama menjaga keamanan di area sandeka dilao” maupun di lingkungannya masing- masing.

” Agar Keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah hukum Polres Sumbawa Barat tetap terjaga dengan baik,maka pengamanan dan patroli,di wilayah hukum polres Sumbawa Barat secara continue tetap dilaksanakan, apalagi di momen seperti sandeka dilao” ini,” tutup Edi Sobandi S.Sos.

Di tempat yang sama Ketua panitia Pagelaran adat dan seni budaya sandeka dilao” desa labuhan lalar 2023, Dedi Damhudi mengucapkan terima kasih dan sangat mengapresiasi atas kedatangan Wakapolres Sumbawa Barat, Kabag Ops Polres Sumbawa Barat, Kapolsek Taliwang, Wakapolsek Taliwang beserta anggota di malam hiburan pagelaran adat seni dan budaya sandeka dilao” desa labuhan lalar 2023.

Dedi Damhudi memaparkan Pagelaran seni budaya Sandeka Dilao” (Sedekah Laut), ini adalah kegiatan rutin setiap tahun pemerintah desa dan masyarakat untuk menumbuh kembangkan tradisi leluhur desa labuhan lalar agar tiap tahun bisa di laksanakan.

“Alhamdulillah tahun 2022, sandeka dilao” bisa berjalan tertib, aman dan lancar, dan saat itu pembukaan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa Barat dan puncaknya di tutup oleh Gubernur NTB,” terang Ketua panitia Sandeka dilao”.

BACA JUGA   HMS Bagikan Alsintan Kepada Kelompok Tani di Kabupaten Bima

Dedi Damhudi berharap dengan kita bersama sama bersatu sesuai dengan peran dan tugasnya, terutama dalam hal menjaga Kamtibmas baik itu di area lokasi sandeka dilao” maupun di lingkungannya masing – masing insya ALLAH Sandeka Dilao” tahun ini bisa sukses seperti di tahun sebelumnya.

Kepala Desa Labuhan Lalar Rahmanuddin atas nama Pemerintah Desa Labuhan Lalar menyampaikan ucapan terimakasih kepada Polres Sumbawa Barat atas atensinya memberikan pengamanan di kegiatan kami yaitu pagelaran adat dan seni budaya sandeka dilao”desa labuhan lalar tahun 2023.

Kades Rahmanuddin menerangkan Sandeka Dilao”merupakan tradisi turun temurun dari sesepuh kita di suku bajo, sedekah Laut adalah sebagai bukti syukur kita kepada Allah SWT yang telah memberikan keselamatan dan hasil ikan yang melimpah kepada para nelayan di Desa Labuhan Lalar.

” Dengan adanya pagelaran adat dan seni budaya sandeka dilao” saya berharap masyarakat bisa melestarikan Nilai budaya ini dan wajib dipertahankan karena ini merupakan icon desa kita,” imbau Kades.

” kami pemerintah desa labuhan lalar berharap, dengan diadakannya pagelaran adat dan seni budaya sandeka dilao” desa labuhan lalar 2023 seluruh upaya kam bisa di dukung oleh masyarakat, kami ingin meningkatkan destinasi pariwisata di desa labuhan lalar, kami ingin memperkenalkan panorama keindahan pantai labuhan lalar yang bersih dan indah, baik di tingkat provinsi, nasional, maupun kepada wisatawan mancanegara,” pungkas Kades Rahmanuddin.(Red).

Artikel Lainnya

Back to top button