Ragam Informasi
Trending

Anggota DPRD Sidoarjo H.Sudjalil Hadiri Acara Sedekah Bumi di Balai Desa Sedenganmijen

Sidoarjo.Mediajurnalindonesia.id-Meski Jaman sudah modernisasi pemerintah desa Sedenganmijen kecamatan Krian menggelar Ruwah Desa atau Sedekah Bumi di halaman balai desa serta menghadirkan pagelaran Karawitan dan Wayang Kulit yang di pimpin oleh ki Dalang Ook Gondo Carito dari Tarik kabupaten Sidoarjo pada hari Jum’at 17/3/23.

Sebelum acara Wayang Kulit di gelar, Warga Sedenganmijen melakukan Istiqhosah pada hari kamis pukul 19.00 wib sampai selesai, dan dilanjutkan acara hari jum’at pagi pukul 06.00 wib yaitu acara Barikan serta malam harinya Karawitan dan Wayang Kulit.

Antusianisme warga sangat besar, karena sejak sore hari warga sudah memadati halaman balai desa Sedenganmijen, karena acara tahunan ini bahkan menjadi agenda rutin bagi warga Sedenganmijen untuk melestarikan Budaya Adat Jawa dari dulu.

BACA JUGA   Upacara HUT ke-78 TNI di Kodim 1628/Sumbawa Barat Berlangsung Meriah

Acara Ruwah Desa ini juga di hadiri para Sahabat Kepala Desa,Tokoh Masyarakat,Tokoh Agama, Tokoh Budaya, Satpol pp, Bpk Camat,Koramil,Polsek Krian serta anggota DPRD Sidoarjo yaitu Bapak H. Sudjalil.

Acara bertambah meriah saat anggota DPRD Sidoarjo Bapak H. Sudjalil menyumbang lagu Bersama awak media dengan suara emasnya pada saat acara Campur sari, serta menyapa warga Sedenganmijen sangat hangat serta kekeluargaan, karna beliau adalah warga Sedenganmijen juga.

“Saya datang sejak sore tadi supaya saya bisa menikmati hiburan yang di gelar di balai desa ini pak karena saya suka Wayang Kulit”ujar imam salah satu pengunjung kepada media yang hadir.

BACA JUGA   Polda NTB dan Polres Jajaran Gelar Operasi Keselamatan Rinjani 2023

Acara demi acara telah berjalan lancar serta khitmad, acara puncak Ruwah Desa ini yang paling di tunggu adalah Tumpeng Tempe Raksasa yang di gelar pada hari minggu jam 06.00 wib, Kenapa ada Tumpeng Tempe Raksasa dalam puncak acara Ruwah Desa Sedenganmijen? Karena desa Sedenganmijen warganya mayoritas produksi tempe dan sudah menjadi ikon desa.

“Semoga acara ini dapat berlangsung setiap tahun dan juga untuk melestarikan warisan budaya jawa semoga mendapat keberkahan di acara ini”ungkap M.Hasannudin,S.Ag.,selaku kepala desa Sedenganmijen Krian Sidoarjo.pungkasnya.(NitAlim)

Artikel Lainnya

Back to top button