Ragam Informasi
Trending

Anak-anak Semangat Mengikuti Lomba Gambar Lingkungan di Dompu, HMS Memberikan Support

Kab Dompu.Mediajurnalindonesia.id-Anggota DPR RI Komisi lV Fraksi PAN Daerah Pemilihan NTB 1 Pulau Sumbawa H.Muhammad Syafrudin ST.MM akrab disapa HMS atau Rudhy Mbojo yang dikenal Sederhana dan Peduli kepada masyarakat se-Pulau Sumbawa ,kini memberikan support semangat kepada anak- anak yang mengikuti lomba mewarnai dengan tema”Optimalisasi fungsi ruang terbuka hijau sebagai wadah edukasi pengelolaan Lingkungan” bertempat taman Kota Kabupaten Dompu.Pada 7 maret 2023.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Dompu melalui Pejabat Fungsional ; Analis Kebijakan Lingkungan, Rukyatil Hilaliyah menyampaikan terima kasih atas partisipasi dan dukungan dari Rudhy Mbojo sebagai salah seorang legislator di pusat. Yang telah memberikan support kepada anak-anak dalam lomba mewarnai yang diikuti hampir 400 peserta dari Kelompok PAUD maupun Taman Kanak-Kanak yang ada di Kabupaten Dompu.

“Kami berharap kepada Rudhy Mbojo sebagai legislator dapat mendukung program-program LH terutama dibidang pertamanan dan ruang terbuka hijau. Baik untuk pengembangan area taman maupun peningkatan fasilitas taman yang ada sekarang. Karena taman tidak hanya berfungsi sebagai penghasil oksigen di area perkotaan tetapi juga menjadi pusat rekreasi dan edukasi bagi masyarakat secara umum,” ujar Yati sapaan akrabnya.

BACA JUGA   Sat Narkoba Polresta Mataram Amankan FS Terduga Pelaku Pengedar Pil Tramadol HCL

Yati menjelaskan, dari kegiatan kemarin ada 3 output besar yang DLH harapkan. Yang pertama; taman menjadi pusat edukasi bagi anak untuk mencintai lingkungan sejak dini terutama menanam dan memelihara tanaman baik di rumah maupun di ruang RTH yang ada. Seperti sempadan jalan, lapangan, dan sebagainya. Kedua; anak memiliki akses terhadap taman dengan memanfaatkan taman sebagai ruang bermain dan berkreatifitas. Ketiga; anak sadar bahwa lingkungan yang hijau dan sehat merupakan investasi berharga bagi masa depan mereka.,” tegasnya

Sementara itu,Politisi PAN H.Muhammad Syafrudin ST.MM mengatakan, selama kegiatan itu positif tentu kami mendukung nya,apalagi memberikan edukasi tentang lingkungan hidup terhadap anak anak yang masih usia dini.Tentu pemikiran anak yang masih dini tentu akan mengingat apa yang dilakukan hingga dewasa nantinya.

” Penghijauan merupakan sarana untuk melestarikan lingkungan, agar lingkungan kembali asri dan sehat tanpa adanya pencemaran. Dengan adanya Ruang Terbuka Hijau (RTH) akan menurunkan suhu suatu di tempat. Banyaknya oksigen yang dikeluarkan oleh tumbuhan akan membuat ligkungan lebih segar, teduh, nyaman, dan asri. Adanya RTH akan memberikan perlindungan. Pohon-pohon besar akan melindungi kita dari paparan sinar matahari. Dapat juga sebagai peredam suara dan penahan debu.” Kata HMS tiga periode

BACA JUGA   Aksi protes GAPEKSI dengan membuang sampah di depan Pendopo Kabupaten Sidoarjo

Selain itu, juga dapat melindungi dari angin kencang. RTH dapat mengurangi pencemaran¸ Hal ini dikarenakan karbondioksida yang berasal dari kendaraan bermotor dan asap pabrik dapat diserap oleh daun-daun pepohonan hijau tersebut. Oleh pohon karbondioksida diubah menjadi oksigen, yang sangat dibutuhkan manusia untuk bernafas.

” Penghijauan sebagai sarana pencegah terjadinya bencana banjir dan erosi tanah. Dengan banyaknya pohon besar dan tinggi, air hujan akan diserap oleh akar tumbuhan. Kemudian air hujan tersebut diubah menjadi air tanah yang dapat memenuhi kebutuhan manusia dan makhluk lainnya,” Jelas HMS kandidat Doktor Universitas Brawijaya (Rozak).

Artikel Lainnya

Back to top button