Ragam Informasi
Trending

Jalan Produksi Jabon Nyaris Terputus Terkikis Abrasi

Sidoarjo, Mediajurnalindonesia.id – Keasyikan membangun yang besar terkadang melupakan yang kecil. Ada akses penting di kawasan pesisir Jabon yang nyaris terputus dikikis abrasi sungai Porong. Lokasinya terpencil dekat pantai timur Sidoarjo. Untung ada Cak Rojik yang telah membuka mata dengan membawa kita ke titik itu.

Akses ini merupakan jalan produksi yang cukup vital bagi petambak dusun Tegalsari, desa Kupang. Sebagai jalur penghubung untuk membawa hasil tambak ke luar wilayah itu. Namun sejak satu tahun ini, akses ini menyempit dari 4 meter menjadi 1 meter saja.

BACA JUGA   Bupati Bima dan APH Tidak Menyikapi Tuntutan PMB, Madapangga Akan Terjadi Instabilitas

Jalan produksi yang semula bisa dilewati kendaraan roda 3 atau 4 kini hanya untuk motor saja. Kehadiran Pemkab Sidoarjo sangat dibutuhkan untuk mengembalikan fungsi jalan seperti sedia kala menjadi 4 meter.

Akses penghubung itu tidak panjang, hanya puluhan meter saja. Meski akses pendek tapi fungsinya seperti jembatan, apalagi tidak ditangani jalan produksi itu bisa lenyap tertelan abrasi air sungai. Dan petani yang akhirnya harus berjibaku dengan perahu untuk mengangkut budidaya bandeng dan udang ke luar wilayah dusun Tegalsari.

BACA JUGA   Pemdes Maluk Bersinergi dengan PT AMNT Lakukan Normalisasi Sungai Dusun Maluk Loka dan Dusun Otak Keris

Saya salut dengan cak Rojik, wakil rakyat dari PKB, yang punya kemauan dan kepedulian memikirkan lingkungan. Semoga lewat cak Rojik, perbaikan infrastruktur Jabon dapat perhatian dari pemangku jabatan.(oh/msa)

Artikel Lainnya

Back to top button