Ragam Informasi

Dukung Ketahanan Pangan, Kodim Sumbawa Barat Manfaatkan Lahan Tidur Tanam Sayur Hortikultura dan Budidaya Ikan Air Tawar

Sumbawa Barat.Mediajurnalindonesia.id-Dalam rangka mendukung program dari pemerintah dan komando atas di bidang pertahanan pangan, Kodim 1628/Sumbawa Barat memanfaatkan lahan tidur menanam hortikultura dan budidaya ikan air tawar dengan menggunakan media terpal.

Hal tersebut disampaikan Dandim 1628/Sumbawa Barat Letkol Inf Oktavian Englana Partadimaja di selah kesibukannya di Taliwang, Rabu (05/07/2023)

“Program ini bertujuan untuk membantu meningkatkan program Pemerintah Daerah untuk pencapaian pemenuhan hak atas pangan, meningkatkan ketahanan pangan nasional dan lokal, serta meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat guna kepentingan pertahanan negara,” ungkap Dandim Sumbawa Barat

BACA JUGA   HMS Memberikan Bantuan 20 juta Untuk Pembangunan Ruang Kelas SMK IT Ulil Albab Bima

Hasil panen sayuran dan ikan air tawar ini bisa dimanfaatkan oleh seluruh anggota Kodim 1628/Sumbawa Barat, untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, dan sebagian bisa disisihkan untuk dibagikan kepada warga di sekitar,” ujarnya.

BACA JUGA   Bupati Sidoarjo Kenalkan Maskot Si Udeng Porprov VIII Jatim 2023

Dengan melakukan kegiatan seperti ini, imbuh Dandim, setidaknya dapat membantu meringankan beban anggota dan masyarakat di sekitar.

Kegiatan budidaya ikan air tawar dan penanaman sayur seperti Kangkung, bayam, cabe dan Tomat, sebut Dandim, dilakukan oleh anggota Kodim1628/Sumbawa Barat disela-sela waktu kosong.

“Sesuai instruksi pimpinan, agar memanfaatkan lahan untuk ditanami sayuran. Ini juga lakukan untuk mengantisipasi kelangkaan ketersediaan pangan,” pungkasnya.(red)

Artikel Lainnya

Back to top button