DaerahNasional

Srawung Gunung, Saresehan Spiritual Nusantara Di Candi Gedong Songo

Semarang Jateng.Mediajurnalindonesia.id – Dalam rangka saresehan dan mengenalkan akan kebudayaan jawa diadakan acara Srawung Gunung di candi Gedong Songo pada hari Sabtu (28/05/22). Dengan dihadiri berbagai komumitas dan pejabat dari Kabupaten Semarang.

Puspita mengatakan kita mengadakan saresehan ini untuk mengenalkan tentang Spiritual Nusantara. Karena banyaknya masyarakat yang tidak mengerti atau kurang paham tentang spiritual Nusantara. Bahkan sampai dikatakan mistik, klenik dan sebagainya. Padahal spiritual Nusantara tidak seperti itu. Dimana sebelum agama-agama masuk ke Nusantara masyarakat sudah mengenal akan ke esa an Tuhan.

BACA JUGA   Libur Lebaran Wisatawan Mulai Padati Bali, Kapolri Minta Prokes Diperketat

“Spiritual Nusantara bukan hal klenik atau mistis tapi ini merupakan kearifan lokal yang ada di Nusantara,” kata Puspita Arta Trisnano ketua panitia Srawung Gunung.

“Selain saresehan kita juga menampilkan beberapa tarian, gendingan dan lainnya dari anak-anak sekolah dasar Nusantara,” tambahnya

Untuk lebih menyemarakkan saresehan, Puspita mengatakan memang kita mengikutsertakan anak-anak. Dimana anak-anak mulai belajar dari dini. Dengan tujuan belajar budaya Jawa mulai dini dari awal sampai akhir saya ingin nya memberikan edukasi tentang budaya Jawa. Dari kegiatan itu ada edukasi untuk orang-orang yang hadir terutama anak-anak tentang budaya Jawa.

BACA JUGA   Sinergi Bhabinkamtibmas Pemenang Cegah Kejahatan Dan Penyebaran Berita Hoax

Kita berharap agar masyarakat mengerti akan kebudayaan kita bahwa di cerita pewayangan ternyata lebih syahdu dibandingkan drama korea ataupun dari luar yang lainnya termasuk masalah contoh percintaan Arjuna dengan Banowati cinta terlarang, Rahwana dan Shinta kisah cinta yang begitu agung nya.

“Harapan kita semoga masyarakat mengerti dan tahu bahwa kebudayaan kita lebih syahdu dan lebih baik dibandingkan kebudayaan dari luar,” pungkasnya.(msa)

Artikel Lainnya

Back to top button