Daerah
Trending

Tindak Lanjuti Kota Bima Raih Penghargaan P4GN, Kelurahan Paruga Mou Bersama BNNK Bima

Bima.Mediajurnalindonesia.id-Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Bima laksanakan Perjanjian Kerjasama (PKS) P4GN bersama Kantor Kelurahan Paruga, Rabu (26/10) 2022.*Hadir dalam acara tersebut Kepala BNNK Bima AKBP. Hurri Nugrohi, S.H., M.H, Lurah Paruga Arif Rahman, SE, Bhabinkamtibmas/ Babinsa, Ketua RW dan Ketua RT Kelurahan Paruga.

P4GN sebagai landasan kerja sama dalam rangka Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba yang dilaksanakan oleh kedua belah pihak, guna terwujudnya lingkungan yang bersih dari penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba. Meliputi, penyebar luasan informasi, peningkatan peran serta kedua belah pihak sebagai Penggiat anti Narkoba .

Hal lainnya yakni, peningkatan kapasitas Aparatur Sipil Negara di bidang P4GN melalui penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan, pelaksanaan pemeriksaaan tes/uji Narkoba atas persetujuan kedua belah pihak, dan hal lainnya.

Sebelumnya, Kota Bima melalui Walikota Bima H. Muhammad Lutfi, SE meraih Penghargaan dalam pelaksanaan P4GN dalam moment Kunjungan Kerja Kepala BNN RI bertempat di Auditorium M. Yusuf Abubakar Universitas Mataram pada Jum’at, 16 September 2022. Walikota Bima menyampaikan Rencana Aksi Best Practice Kota Bima dalam upaya mewujudkan Nusa Tenggara Barat Bersinar Menuju Indonesia Bersinar.

BACA JUGA   Sambut HUT RI ke-77 HMS Serahkan Bantuan Kemitraan Untuk 30 Masjid di Pulau Sumbawa  

Dalam moment tersebut dijelaskan oleh Walikota Bima bahwa apa yang telah diraih berkat kolaborasi TNI/Polri, Badan Narkotika Nasional Bima, serta seluruh komponen masyarakat Kota Bima dalam upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).

Arif Rahman, SE mengungkap bahwa apa yang menjadi program P4GN oleh BNNK Bima patut diapreseasi dan ditindaklanjuti, sebagai bagian dari upaya dalam sedikitnya menanggulangi maraknya penyalahgunaan narkoba, lebih-lebih pada usia generasi produktif.

“Ini sebagai langkah antisipastif dan pendekatan persuasif, dan hal ini menjadi bagian dari tanggungjawab seluruh pihak. Sosialiasi, upaya pencegahan dan hal lainnya yang dianggap perlu untuk dilaksanakan, kita ambil bagian didalamnya”, ungkap Arif Rahman.

Ditambahkan lagi bahwa Pemerintah Kota Bima melalui Walikota Bima H. M. Lutfi, SE telah mengambil langkah, dan perlu difolowup dilingkup terbawah. Apalagi, Walikota Bima sebelumnya telah mendapat Penghargaan dari BNN RI yakni sebagai Salah Satu Desa/Kelurahan Bersinar (Bersih Narkoba) dengan pencapaian P4GN.

BACA JUGA   HMS Berikan Bantuan Bibit Produktif 2000 Pohon di Kota Bima

“Generasi ini milik kita, bagian dari kita dan masa depan kita. Upaya positif yang seperlunya kita patut laksanakan, kita akomodir dan ikut berperan aktif didalamnya. P4GN salah satu langkah baik”, tutupnya.

Dalam sambutannya kepala BNNK Bima menyampaikan Apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pihak Kelurahan Paruga karena berinisiatif untuk mengadakan MOU bersama BNN kabupaten Bima.

“Kami mengapresiasi langkah Kepala kelurahan paruga dalam hal ini, dan kelurahan paruga menjadi Kelurahan pertama di Kota Bima yang mengadakan MOU bersama kami. semua dengan adanya MOU ini, bisa menginspirasi kelurahan lain untuk melaksanakan program yang sama”, ucap Kepala BNNK Bima.

Mengakhiri sambutannya, Kepala BNNK Bima mengajak semua stakeholders dan komponen masyarakat untuk peduli, bangkit, dan bergerak melakukan upaya P4GN dengan segala potensi yang dimilikinya, sehingga tercipta lingkungan yang sehat dan terhindar dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika.(van)

Artikel Terkini

Back to top button