Daerah
Trending

Minat Ibu-Ibu Untuk Menanam Melalui Program P2L Menjadi Atensi HMS

BIMA.Mediajurnalindonesia.id-Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi PAN Daerah Pemilihan NTB 1 Pulau Sumbawa H.Muhammad Syafrudin ST.MM akrab disapa HMS yang dikenal peduli dan sederhana terus menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pekarangan Pangan Lestari (P2L) se-Pulau Sumbawa.Bimtek P2L sebelumnya sudah dilaksanakan di Kabupaten Dompu, Sumbawa dan KSB, pada tanggal 21 oktober 2022 lalu gilirannya Kota dan Kabupaten Bima yang dilaksanakan di hotel Marina Inn.

Pada kegiatan Bimtek P2l, dihadiri oleh Kepala Dinas ketahanan pangan Kota Ichwanul Muslimun, SP. MM dan Ir.H. Muhammad Natsir mewakili Kadis kabupaten dan serta jajaran dinas lain.Dengan diikuti 75 peserta perwakilan dari 3 kelompok penerima program.

Bimtek Pekarangan Pangan Lestari (P2L) lingkup Hortikultura merupakan kerjasama antara Direktorat Jenderal Hortikultura dengan anggota DPR RI Komisi IV dari Fraksi PAN Dapil NTB 1 Pulau Sumbawa H.Muhammad Syafrudin ST.MM.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bima Hj Nurma yang diwakili Ir. H Muhammad Nasir menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasinya kepada Anggota DPR RI Komisi IV Dapil NTB I Pulau Sumbawa H.Muhammad Syafrudin ST.MM yang sudah memberikan suport dan dukungan kepada kegiatan Bimtek Pekarangan Pangan Lestari (P2L) di Kabupaten Bima.

BACA JUGA   Tidak Transparan dan Menyalahi Aturan Pembangunan Gedung SMK Salomanurung di Segel Warga

” Alhamdulillah kegiatan P2L sangat bermanfaat jika dikelola dengan benar dan banyak manfaatnya begitu kompleks jika kita berdayakan di tempat- tempat,yah memang dibutuhkan oleh masyarakat. Karena tujuan bimtek itu untuk meningkat kan pengetahuan tentang bercocok tanam sayuran, mengenal cara membuat pupuk organik dan pestisida nabati dan cara mengaplikasikannya, serta diberikan pengetahuan manajemen usahanya agar bisa berkembang ” tuturnya.

Selanjutnya,Kadis Ketahanan Pangan Kota Bima Ichwanul Muslimun,SP,.MM menjelaskan,kegiatan P2L alias pekarangan pangan lestari di saat ini dimana isu stunting, isu inflasi dan lokasi rawan pangan sangat membutuhkan kegiatan ini. Alasannya kegiatan P2L membantu pemenuhan gizi keluarga yang diharapkan menurunkan angka stunting akibat kekurangan gizi.

” Terkait inflasi akibat komuditas beberapa pangan misalnya gejolak harga cabe , bawang Insyaallah tidak dirasakan oleh keluarga, karena terpenuhi dari halaman pekarangan. Kemudian P2L juga membantu terpenuhinya kebutuhan pangan masyarakat di lokasi rawan pangan.” terangnya.

Ia menegaskan, dalam Bimtek P2L juga mengajarkan masyarakat untuk melakukan gerakan menanam dengan tanaman yang cepat di panen, untuk kebutuhan keluarga, juga bisa kelebihan nya dijual guna memenuhi kebutuhan lainnya.

BACA JUGA   HMS Tandatangani Prasasti Program IPAL di Pulau Sumbawa

” P2L sangat bermanfaat dan masih terus dibutuhkan oleh masyarakat dalam memanfaatkan halaman pekarangannya, saya mengharapkan , di tahun mendatang ada kegiatan serupa yang digelontorkan dananya dari Bapanas, karena tahun 2023 kegiatan P2L berada di dinas pertanian.”ujarnya

Dan yang paling penting adalah kegiatan lanjutan dari P2L ini adalah kita sosialisasikan lagi makan sehat, makan enak dengan makanan B2SA Makanan (Bergizi, Beragam Sehat dan Aman).Kalau porsi makanan kita asup belum B2SA dalam piringnya, maka belum kita asup makanan yang sehat. Yang menentukan terhadap kesehatan keluarga.

” Kita berharap gerakan B2SA terus kita sosialisasikan di tengah masyarakat. Semoga HMS bisa membantu program kami di Dinas Ketahan Pangan Kabupaten Sumbawa” pungkasnya.

Sementara itu, HMS mengatakan bagi dirinya untuk pertanian pulau Sumbawa apapun akan dirinya perjuangankan di pemerintah pusat demi kemakmuran para petani.

“Ia berharap, para mak-mak bisa memanfaatkan bimtek (P2l) bagi jajaran kota dan kabupaten Bima dan bisa meningkatkan ekonomi mereka,” harapnya.(Rozak)

Artikel Lainnya

Back to top button