Daerah
Trending

HMS Padukan 4 Pilar MPR RI dengan Seminar Pertanian di Fakultas Pertanian UNSA di Sumbawa

Sumbawa,Mediajurnalindonesia.id-Senin, 5 Desember 2022, Fakultas Pertanian UNSA resmi membuka Seminar Nasional dan Temu Alumni yang dirangkaikan dengan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan MPR RI. Kegiatan dimulai pukul 13.00 WITA, dengan dihadiri oleh seluruh Sivitas Akademika Universitas Samawa dan Peserta yang berasal dari Mahasiswa/i dan Alumni Fakultas Pertanian serta beberapa Anggota Ikatan Wanita Intan Bulaeng.

Kata sambutan diisi oleh Dekan Fakuktas Pertanian Universitas Samawa, Bapak Heri Kusnayadi, MP. Dalam sambutannya beliau menyampaikan “Saya berharap dengan adanya Seminar Nasional dan Temu Alumni Fakultas Pertanian yang dirangkaikan dengan Empat Pilar Kebangsaan MPR RI dapat menambah wawasan peserta akan peran kita masing-masing dalam menjaga ketahanan pangan. Saya juga berharap agar kegiatan ini mampu menciptakan petani muda milenial yang mampu bersaing dengan dunia luar.” jelasnya

Kemudian kegiatan dibuka dan diresmikan oleh Dewan Penyantun sekaligus Anggota Komisi IV DPR RI Dapil Pulau Sumbawa, Bapak H. Muhammad Syafrudin, ST, MM. Atau yang biasa dikenal dengan panggilan pak HMS.

Dalam acara ini, pak HMS sebagai opening speak memberikan gambaran umum mengenai apa saja bagian dari Empat Pilar Kebangsaan. “Pertama itu ada Pancasila, kedua UUD, ketiga NKRI, dan yang keempat Bhinneka Tunggal Ika”, ujar pak HMS dengan penuh semangat.

BACA JUGA   HMS Turun Langsung Menanam Mangrove di Beberapa lokasi di Pulau Sumbawa  

Selanjutnya beliau juga menjelaskan apa saja makna dari masing-masing pilar dan apa kaitannya dengan Seminar Nasional yang mengusung tema “Peran Empat Pilar Kebangsaan MPR-RI dan Perguruan Tinggi Dalam Menciptakan Petani Milenial Serta Mendukung Pemerintah Dalam Upaya Meningkatkan Ketahanan Pangan di Tanah Samawa”. Penjelasan yang lugas dan sistematis dari pak HMS mampu membuat peserta menyimak dengan baik.

Materi selanjutnya disampaikan langsung oleh Kadis Pertanian Kabupaten Sumbawa. Dengan menyampaikan slogan Kementerian Pertanian, Ibu Ir. Ni Wayan Rusmawati memulai materinya yang membahas mengenai komoditas Pertanian yang mendominasi di kota Sumbawa serta bagaimana cara mengelolanya. Materi yang membuat antusias para alumni Fakultas Pertanian ini ditutup beliau dengan slogan yang sama, yakni “Petani Milenial, Maju, Mandiri, Modern”. tuturnya

Tak ingin kalah saing, materi selanjutnya yang disampaikan langsung oleh Kadis Ketahanan Pangan, ibu Ir. Irin Indarni juga dibuka oleh slogan Ketahanan Pangan, “Makananku, Makanan Enak, Makanan Sehat, Makanan BP2SA”, ujar beliau dengan senyum merekah. Beliau juga menyampaikan mengenai peran kita masing-masing dalam upaya menjaga ketahanan pangan baik individu, keluarga maupun daerah kita tercinta.

BACA JUGA   Sambut HUT Bhayangkara ke- 78, Polres Sumbawa Bakti Sosial Salurkan Air Bersih

Selain itu, BNI Cabang Sumbawa juga unjuk diri dalam Seminar Nasional ini yang dimana materi yang disampaikan yaitu mengenai KUR atau manfaat KUR di bidang Pertanian. Materi yang disampaikan langsung oleh Bapak Syamsu Rizal selaku Wakil Kepala BNI Cabang Sumbawa ini sangat memotivasi para alumni Fakultas Pertanian baik alumni yang sudah lulus pada tahun-tahun sebelumnya maupun alumni lulusan baru yakni tahun 2022. Pembahasan mengenai KUR ini meliputi syarat umum pemohon program KUR mikro BNI yakni mulai dari kriteria pemohon, perijinan usaha, kualitas kredit bank, pengalaman usaha, dan lain-lain.

“…. Kemudian yang kedua yaitu informasi mengenai produk dan biaya KUR yang meliputi maksimum permohonan KUR, jenis dan tujuan kredit atau peminjaman KUR….” ujar beliau melanjutkan bait-bait materi. Penjelasan yang sangat menarik dari beliau membuat para peserta antusias mengajukan pertanyaan mengenai materi KUR ini.” tuturnya (Rozak)

Artikel Lainnya

Back to top button