Daerah

Dewan HL Sarjana :Dirum PDAM Boleh Naikan Tarif Asalkan Sesuai Dengan Kualitas Pelayanan.

Lombok Tengah.Mediajurnalindonesia.id-Kritikan keras disampaikan masyarakat Loteng melalui sejumlah LSM terhadap kenaikan tarif air bersih oleh PDAM Loteng belum lama ini masih menjadi Dilema. Wakil Pimpinan DPRD Kabupaten Lombok Tengah Fraksi PKB HL Sarjana SH Angkat Bicata. ia menegaskan, kebijakan menaikan harga bukan hal yang tepat melihat dengan kualitas pelayanan dari PDAM sejauh ini.

“Sebelum menaikkan tarif air, PDAM Tirta Rinjani kabupaten Lombok Tengah seharusnya meningkatkan pelayanan terlebih dahulu. Lancarkan dulu distribusi air ke rumah-rumah warga. Kalau masih seperti sekarang, jangan dulu naikan harga,” ujar HL Sarjana SH dikediamannya. Selasa (28/06/2022).

Dikatakannya, Undang-Undang RI tahun 1945 pasal 33 ayat 3 menyebutkan bahwa ‘Bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh Negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat’.

BACA JUGA   Kompol Sidik PR Memberikan Tausiah Bimbingan Rohani dan Mental Kepada Anggota

“Karena itu PDAM jangan hanya mengejar Pendapatan Asli Daerah (PAD) saja melainkan menjamin ketersediaan air bersih untuk keperluan hidup rakyat dan mempertimbangkan kondisi ekonomi masyarakat saat ini yang sudah dibebani bermacam-macam kenaikan harga,” katanya.

Direktur Umum (Dirum) PDAM tentu sudah melakukan pengkajian terkait kenaikan tarif namun sebalum malakukan kenaikan kebjikan.” utamakan dulu pelayanan yang profesional dan proporsional artinya apakah pelayanan PDAM di diloteng sudah maksimal, kita lihat saja di daerah Praya Barat dan Praya Barat Daya, mereka para pelanggan harus menunggu air hingga pukul, 02.OO wita malam, itupun banyak pelanggan yang mengeluh karena air PDAM keruh.” ujarnya. Pihaknya Sebagai Legislatif tentu sangat mendukung apa yang menjadi kebijakan pihak Dirum PDAM. Namun Dewan dari Fraksi PKB itu berharap agar pihak PDAM menaikkan tarif air juga dibarengi dengan pelayanan yang maksimal. misalnya PDAM berdalih kenaikan tarif disesuaikan dengan biaya oprasional Tinggi,” jika mau dinaikkan tarif saya rasa pelayanan tentu juga dibarengi dengan kepuasan pelanggan dengan mengutamakan Pelayaan maksimal. ” tutupnya. (Red).

Artikel Lainnya

Back to top button