Daerah
Trending

UIN Mataram Selenggarakan Prosesi Wisuda Lulusan Program Pascasarjana & Sarjana Secara Terbuka Tahun Akademik 2022/2023

Mataram.Mediajurnalindonesia.id- Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram menyelenggarakan prosesi wisuda bagi lulusan program Pascasarjana & Sarjana periode akademik thn 2022/2023 selama satu hari di Auditorium kampus UIN , kota Mataram ,NTB pada Sabtu, 26 November 2022 .

Wisuda kali ini dilaksanan dengan dua tahapan yaitu sesi pertama dari jam 07 sampai selesai dan sesi kedua dari jam 13 .00.s/d selesai , hal ini dimaksudkan untuk mengurangi kepadatan diluar gedung ataupun didalam ruangan auditorium kampus dan juga sebagai bagian dari penerapan protokol kesehatan.

Rektor Universitas Islam Mataram Prof.DR.H.Masnun Tahir M.Ag . dalam pidatonya menyampaikan bahwa wisuda adalah tonggak yang sangat penting bagi seseorang yang ingin meraih gelar pendidikan. Oleh sebab itu, Universitas Islam Negeri Mataram sangat menyadari keinginan para wisudawan agar bisa dilaksanakan wisuda secepatnya dengan menggunakan toga kebanggaan , dan menikmati prosesi wisuda bersama teman seperjuangan., serta merasakan kebahagiaan bersama kedua orang tua , kerabat dan keluarganya,

Rektor Universitas Islam Negeri Mataram juga menyampaikan kebanggaannya karena UIN Mataram dapat menyelenggarakan wisuda kembali secara terbuka seperti biasanya , setelah sempat vakum ( offline ) selama dua tahun akibat adanya covid-19 .

Oleh karenanya Rektor Universitas Islam Mataram berharap agar momen wisuda ini dapat dijadikan tonggak penting di dalam kehidupan para wisudawan/wati , dan menjadi titik tolak untuk bisa berbuat mendapatkan pencapaian prestasi yang lebih baik.,” Jangan pernah takut untuk mencoba , lebih baik gagal karena mencoba daripada mandi tanpa minum ,” ungkapnya.

BACA JUGA   Meriahkan HUT RI Ke 77 PT. SRL-1 adakan Lomba Karaoke.

Lebih jauh H.Masnun Tahir mengingatkan kepada para wisudawan agar jangan gelar yang ada , ijazah yang ada , menjadi kebanggaan sehingga merasa puas , berbesar hati , sombong , takabur dan lain-lain , akan tetapi sebagai langkah awal untuk berkreasi berinovasi dan sambung silaturahmi serta tetap tawadduk,” Adab itu diatas ilmu ,nizomul Kalam ( bagaiman kita bertutur kata ) , nizomul fikr ( bagaimana berfikir kita ) tentunya akan ada perbedaan antara orang yang berpendidikan dengan yang tidak berpendidikan ,” paparnya.

Sementara itu Universitas Islam Negeri Mataram telah membangun komitmen tinggi dan kepedulian yang besar terhadap kualitas pendidikan para mahasiswa selama menempuh perkuliahan dan memberikan berbagai macam penghargaan kepada mahasiswa berprestasi baik dari sarjana ataupun Pascasarjana , berupa beasiswa , bonus uang tunai , haji dan lain-lain , sebagai motivasi bagi para mahasiswa selama menempuh pendidikan di UIN Mataram.

Begitu juga terhadap perbaikan dan peningkatan pendidikan disetiap fakultas UIN Mataram berusaha untuk menambah & mendatangkan dosen yang profesional di bidangnya serta membuka fakultas baru sebagai alternatif/pilihan bagai calon mahasiswa baru yang mau menimba ilmu di Universitas Islam Negeri Mataram.

Disamping itu juga diharapkan para lulusan Universitas Islam Negeri Mataram dapat menjadi contoh tauladan yang baik di tengah-tengah masyarakat yang memiliki integritas tinggi , kompetensi, profesional, dan berbudi pekerti luhur.,” yang menjadi bukti bahwa kalian adalah yang beradab yaitu alumni UIN Mataram selalu miliki sikap , saqobatika , qalaamika , wasulubika ( perkataan , ucapan dan tingkah laku kita ) ,” terang H.Masnun Tahir yang mudah senyum & suka bercanda ini.

BACA JUGA   Akhir Kesalahpamahan di Desa Mareje, Warga Sepakat Damai dan Kembali Hidup Rukun

Selain itu juga diharapkan para lulusan Universias Islam Negeri Mataram dapat bersaing di pasar kerja Indonesia dan global, atau berwirausaha dengan menciptakan lapangan pekerjaan baru. Dan yang terpenting adalah tetap menjaga nama baik almamater serta tetap terjalin hubungan silaturahmi dengan civitas akademika Universitas Islam Negeri Mataram.,”Bagi yang melanjutkan tetaplah melangkah untuk sekolah karena pendidikan adalah aset masa depan ,” Harap Rektor H Masnun Tahir alumni Ponpes Uswah cempaka putih ini.

Wisuda Universitas Negeri Mataram semester ganjil tahun akademik 2022/2023 diikuti oleh 882 wisudawan dengam dua tahapan yaitu pada sesi pertama pasca sarjana sebanyak 39 orang , fakultas tarbiah & keguruan sebànyàk 333 orang , dan fakultas syariah sebanyak 116 orang .Sementara untuk sesi kedua sebanyak 394 orang terdiri dari fakultas Dakwah & komonikasi , fakultas Ekonomi & bisnis Islam dan fakultas usuluddin & study Islam.( Red.H.M )

Artikel Terkini

Back to top button