Daerah
Trending

HMS Menilai Ayam Kampung Unggul Balitbangtan Sangat Diminati Oleh Masyarakat

Sumbawa.Mediajurnalindonesia.id-
Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi PAN Daerah Pemilihan NTB 1 Pulau Sumbawa H.Muhammad Syafrudin ST.MM akrab disapa HMS yang dikenal Sederhana dan Peduli kepada masyarakat pulau Sumbawa, pada 19 november 2022 lalu memberikan bantuan Ayam KUB kepada kelompok ternak Maju Bersama bertempat di Dusun Batu Tering B Desa Batu Tering Kecamatan Moyo Hulu Kabupaten Sumbawa.

Ayam KUB adalah ayam kampung galur baru hasil seleksi secara genetik oleh tim peneliti Balai Penelitian Dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan). Ayam galur baru ini dinamakan ayam Kampung Unggul Balitbangtan dan disingkat dengan ayam KUB.

Karisma Susanto selaku seketaris kelompok tani ternak maju bersama menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasinya kepada H.Muhammad Syafrudin ST.MM yang sudah memberikan batuan berupa 5000 ekor ayam KUB, langsung kami terima di kandang.

” Dengan batuan ayam KUB dari Bapak HMS kami kelompok tani ternak maju bersama sangat terbantu sekali. Mengingat dalam dua tahun terakhir ini kita dilanda pandemi covid 19 yang tentunya membantasi ruang gerak anggota kelompok untuk beraktifitas lebih, serta saat ini petani ternak juga dilanda oleh virus PMK yang membuat harga Sapi khususnya sangat tidak memihak kepada petani ternak. ” jelasnya

BACA JUGA   Event Kejurprov Motocross  459 Lantan  Bawa Berkah

Lanjutnya,maka bantuan ayam KUB yang diberikan oleh Bapak HMS ini menjadi angin segar dan semangat baru buat anggota kelompok kami, dimana kedepannya ini bisa kita jadikan penopang permenuhan kebutuhan ekonomi keluarga anggota kelompok kami.” Sekali lagi kami ucapan terima kasih yang setinggi- tingginya kepada Bapak HMS dan tentunya kami berharap untuk tetap mendapat binaan dan support dari beliau.” tegasnya

Selanjutnya kami rakyat hanya berharap bantuan seperti ini tidak berhenti di kelompok kami saja, tapi ada kelompok- kelompok lain yang terbantu oleh beliau. Tentunya kedepan juga kami berharap ada pembinaan lebih lanjut berupa pelatihan ternak dan managemen kelompok agar kedepannya kami bisa menjadi kelompok mandiri.

BACA JUGA   TMP Sidoarjo, Endy : Kini Waktunya Anak Muda Untuk Berpolitik. 

Sementara itu, HMS menjelaskan bahwa Ayam KUB diseleksi dengan tujuan untuk ayam petelur dan menjadi indukan penghasil DOC ( Day Old Chicken ) yang banyak untuk memenuhi kebutuhan ayam kampung. Ayam KUB menjadi lebih unggul dibandingkan dengan ayam kampung biasa. Keunggulannya adalah jumlah telur yang dihasilkan lebih banyak dan sifat mengeramnya berkurang sehingga cepat bertelur kembali.

“Cara membudidayakan ayam KUB tidak jauh berbeda dengan ayam kampung lainnya, hanya saja ayam KUB membutuhkan pakan yang mengandung protein dan kalsium lebih tinggi untuk menunjang pembentukan cangkang telur,” terang HMS tiga periode DPR RI.

Politisi PAN mengatakan,dengan bantuan yang saya berikan ini bisa membantu dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat.” Bantuan ini sebagai bentuk kepedulian saya terhadap konstituen dari daerah pemilihan saya yakni NTB 1 Se pulau Sumbawa “kata HMS Kandidat Doktor Universitas Brawijaya (Rozak)

Artikel Terkini

Back to top button