Daerah
Trending

HMS Berikan Bantuan Bibit Kelapa Jenis Bojong Bulat Sebanyak 11.000 Pohon di Bima

Bima.Mediajurnalindonesia.id-Anggota DPR RI Komisi IV dari Fraksi PAN Daerah Pemilihan NTB 1 Pulau Sumbawa H.Muhammad Syafrudin ST.MM akrab disapa HMS atau Rudhy Mbojo yang di kenal sederhana dan peduli kepada masyarakat di Pulau Sumbawa.Kini memberikan bantuan Bibit kepala jenis Bojong Bulat sebanyak 2.200 pohon kepada kelompok tani Solamere Desa Lamere Kecamatan Sape Kabupaten Bima.

HMS Menuturkan,bantuan Bibit kelapa Bojong Bulat di Kabupaten Bima dengan rincian sebagai berikut : di Kecamatan Sape (1) Desa Kowo 2.200 batang (2) Desa Lamere 2.200 batang. Kecamatan Lambu (1). Desa Nggelu 1.650 batang.(2) Desa Soro 3.300 batang(3). Desa Sumi 1.650 batang sehingga total keseluruhan. 11.000 batang.

H.M Syafrudin ST.MM menjelaskan, Kelapa Bojong Bulat merupakan produk unggulan yang berasal dari Desa Bojong Kecamatan Panjatan Kabupaten Kulon Progo Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Kelapa ini memiliki keunggulan dari kelapa lainnya karena memiliki kadar minyak tinggi, kadar gula tinggi, dan daging buah yang lebih tebal.

” Produksi terbanyak Kelapa Bojong Bulat setiap satu janjang berisi 25 butir kelapa. Kelapa Bojong Bulat tergolong tanaman yang mudah dibudidayakan karena kebutuhan air tidak terlalu tinggi dan tidak membutuhkan biaya perawatan yang tinggi.Umur tanaman Kelapa Bojong Bulat bisa mencapai 20 tahun lebih dan sudah memproduksi kelapa pada umur 5-7 tahun dimana usia produksi optimal pada umur 15 tahun.” jelas HMS tiga periode

BACA JUGA   Diduga Lakukan Percobaan Pemerkosaan, Remaja di Lelamase dilaporkan ke Polisi ¬†

Politisi PAN menuturkan,Kelapa Bojong Bulat tergolong tanaman yang tidak banyak dan tidak rentan terserang hama maupun penyakit. Kelapa Bojong Bulat bisa tercipta karena struktur tanah di Desa Bojong. Keunggulan dari tanaman kelapa ini dibandingkan dengan Kelapa Hybrida dan Kelapa Genjah adalah biji kelapa yang dihasilkan jika ditanam kembali sifat nya menyerupai induknya dan bisa dilakukan pada generasi selanjutnya sehingga sifat unggulnya tetap terjaga.

” Kelapa Bojong Bulat kita coba tanam di daerah kita,semoga dengan Kelapa Bojong Bulat hadir di daerah ini yang kita berikan semoga bermanfaat,sehingga bisa menambah perekonomian masyarakat di Desa lamere untuk menambah penghasilannya” ucap HMS kandidat Doktor Universitas Brawijaya (14/12/22).

BACA JUGA   Sebuah Minibus Hantam Tembok Sekolah di Lombok Tengah, Polsek Jonggat Bantu Evakuasi

Kepala Desa Lamere Fajiadin menyampaikan ucapan terimakasih kepada H.Muhammad Syafrudin ST.MM yang sudah memberikan bantuan pemberdayaan berupa bibit kelapa bojong Bulat sebanyak 2.200 pohon kepada warga kami kelompok Solamere.

“Apa yang sudah di berikan kepada kelompok solamere warga kami semoga bisa bermanfaat dan mampu menambah penghasilannya untuk kedepannya, kami berharap kepada HMS bahwa warga kelompok tani di Desa lamere mendapat bantuan yang lebih,” tuturnya

Lanjutnya,warga Desa Lamere mayoritas sebagai petani maka mereka membutuhkan alat mesin pertanian (Alsintan) seperti Hand Traktor sebagai membajak tanah dan Hand Sprayer untuk penyemprotan terhadap tanaman.

” Tentu saya bangga kepada HMS yang sudah peduli kepada masyarakat tani memberikan bantuan,apalagi beliau asli putra Bima yang sebagai wakil rakyat di pulau Sumbawa yang sudah tidak kita ragukan lagi sebagai wakil rakyat selanjutnya ke empat periode, ” ujarnya (Rozak)

Artikel Terkini

Back to top button