DaerahTNI-Polri

Dandim 1628/SB menghadiri Upacara HUT Bhayangkara Ke – 78, Polres Sumbawa Barat Tahun 2024

Sumbawa Barat.Mediajurnalindonesia.id– Dandim 1628/SB Letkol Inf Andri Karsa S.Sos., M.Han berkesempatan menghadiri HUT Bhayangkara Ke -78 (1 Juli 1946 — 1 Juli 2024) Polres Sumbawa Barat bersama Forkopimda Kabupaten Sumbawa Barat pada hari Senin 1 Juli 2024, Pukul 08.00 WITA Bertempat di lapangan Graha Fitrah jalan jenderal Sudirman komplek KTC Kelurahan Kuang Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat.

Dalam memperingati Hari Lahir Bhayangkara yang Ke – 78 Tahun 2024, mengambil tema *Polri Presisi mendukung Percepatan Transformasi Ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan menuju Indonesia Emas*

Pada kesempatan ini bertindak selaku komandan Upacara IPDA Ari Rachman Fadillah,S.Tr.K KANIT II TIPIDTER SAT RESKRIM POLRES SUMBAWA BARAT
dan melibatkan gabungan Pasukan
1 SST Kodim 1628/Sumbawa Barat,
1 SST Brimob, 1 SST Samapta Polres Sumbawa Barat,1 SST Sat Lantas Polres Sumbawa Barat,1 SST gabungan Staf dan Polsek jajaran Polres Sumbawa Barat ,1 SST Intelkam Polres Sumbawa Barat,1 SST Reskrim Polres Sumbawa Barat, 1 SST Sat Pol PP.
1 SST Senkom, 1 SST BPBD, 1 SST Damkar,1 SST PNS Pemda, 1 SST Siswa/Siswi, dan di hadiri oleh tamu undangan dan Peserta upacara sejumlah ±250 orang.

Tampak hadir Bupati Sumbawa Barat Dr. Ir.H.W Musyafirin M.M, Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa Barat Kaharuddin Umar , Wakil Ketua I dan II DPRD Kabupaten Sumbawa Barat, Dandim 1628/Sumbawa Barat Letkol Inf Andri Karsa S.Sos.,M.Han, Kapolres Sumbawa Barat AKBP Yasmara Harahap S.I.K,
Kajari Kabupaten Sumbawa Barat yang di wakili oleh Kasi Pidum Anak Agung Putu Juniartana Putra SH, Kepala BNNK Sumbawa Barat Indah Poernomosari, S.E.,M.Ak, Waka Polres Sumbawa Barat Kompol Didik Haryanto S.H, Danki Brimob Yon B Sumbawa Barat AKBP Nurdin, Para Perwira Staf dan Danramil Jajaran Kodim 1628/Sumbawa Barat, Pju Polres Sumbawa Barat, Ketua Pengadilan Agama Taliwang H.Ahmad Taufik S.Ag,Para Kepala SKPD dan OPD Pemda Sumbawa Barat, Ketua Senkom KSB Abdul Rozak, Spesialis External PT. AMNT Ismul Bahar, Para Camat Se-Kab. Sumbawa Barat, dan tamu undangan lainnya.

BACA JUGA   LSM Garuda Indonesia  "Laporkan Kasus Penipuan Proyek"

Dalam menyampaikan amanat Kapolda NTB, Irjen Pol Drs.R.Umar Faroq. S.H., M.Hum. Kapolres Sumbawa Barat AKBP Yasmara Harahap S.I.K selaku inspektur Upacara kepada keluarga besar kepolisian republik indonesia, selamat hari bhayangkara ke-78. selamat menjalankan amanah mulia untuk mengabdi pada rakyat, bangsa, dan negara.

Lanjut Kapolres, setiap saat anggota polri bersentuhan dengan masyarakat, melindungi , mengayomi, dan melayani masyarakat. Tapi di saat yang sama, polri juga diawasi oleh masyarakat itu sendiri. Hati-hati sekarang ini segala sesuatu bisa direkam, bisa di sebarluaskan, gerak-gerik polri sekecil apapun tidak bisa ditutup-tutupi lagi. sehingga, kepercayaan pada polri akan selalu diuji. Seberapa tinggi tingkat kepercayaan masyarakat, seberapa tinggi kepuasan masyarakat itu menjadi hal yang penting. dan, saya senang tingkat kepercayaan masyarakat kepada polri sudah naik dari 71,6% pada bulan desember 2023 persen menjadi di atas 75,3% pada juni 2024. Ini perkembangan baik, tapi masih harus terus ditingkatkan. polri harus terus memperbaiki diri, berbenah diri, melakukan reformasi-reformasi di segala lininya.

Kemudian dalam survey tersebut, publik berharap jajaran polri bekerja dengan kejujuran, menegakkan hukum tanpa pandang bulu, serta bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme, suap dan pungli. publik juga mengharapkan polri meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, tidak arogan, serta melakukan pembenahan di internal.

Di sampaikan juga oleh Kapolres bonus demografi adalah suatu kondisi dimana jumlah penduduk produktif atau angkatan kerja (usia 15 – 16 tahun) lebih besar dibandingkan penduduk yang tidak produktif (di bawah 5 tahun
dan di atas 64 tahun). Tahun 2020-2030, indonesia akan memasuki bonus demografi.

Semua program pemerintah butuh dukungan polri. sehingga, saya perlu tekankan, kewenangan polri itu besar, kekuatan polri itu juga besar, ini harus digunakan secara benar, jangan ada yang disalah gunakan, jangan ada lagi persepsi hanya tajam ke bawah, tapi tumpul ke atas. masyarakat membutuhkan rasa aman, masyarakat membutuhkan rasa keadilan, masyarakat membutuhkan rasa untuk diayomi. Saya minta, polri jangan abaikan ini. Polri harus mampu memberikan kepastian perlindungan. Polri harus mampu memberikan kepastian hukum. Polri harus mampu memberikan kepastian berusaha bagi para masyarakat dan para pengusaha.

BACA JUGA   Disela Touring Berbagi Kasih, Danrem 162/WB Sempatkan Cek Pra TMMD ke 115.

Mengingat tantangan polri ke depan memang semakin berat, tidak semakin ringan, masalah kamtibmas harus dikawal ketat, penanganan isu-isu harus dikawal cepat, program prioritas nasional dan pembangunan ibu kota nusantara harus dikawal secara serius, kualitas layanan harus ditingkatkan, kejahatan dengan teknologi canggih harus diantisipasi. Semua ini butuh kesigapan dan kecepatan, butuh penguasaan teknologi dan inovasi, butuh komunikasi publik yang baik.

Kapolres menyampaikan Institusi polri itu ibarat sapu lidi, masing-masing lidi harus bersih, masing-masing lidi harus lurus, masing-masing lidi harus kuat, yang harus diikat dengan semangat kesatuan dan sinergitas. Tidak boleh lagi ada blok-blokan, tidak boleh adalagi patron-patronan. kualitas sumber daya manusianya harus dijaga sejak rekrutmen. Sistem promosi harus diperbaiki, sistem pengawasan harus diperketat, sistem pendisiplinan harus diperkuat.

Jadilah bhayangkara sejati yang mengabdi tanpa henti kepada masyarakat, bangsa,dan negara untuk kemajuan indonesia. Terima kasih kepada seluruh stakeholder, pemerintah daerah, TNI, tokoh agama, tokoh masyarakat, atas peran serta aktif dalam mendukung tugas-tugas kepolisian untuk menjaga harkamtibmas sehingga sitkamtibmas di provinsi NTB bisa tetap kondusif.

Rangkaian Upacara HUT Bhayangkara Ke – 78 semakin semarak dengan di tampilkan nya Tarian kreasi gegang basiru, yang dilanjutkan penampilan peragaan Polisi cilik dari siswa siswi MTSN 1 Taliwang dan pemberian penghargaan kepada yang berprestasi dan pemenang lomba selama rangkaian memperingati HUT Bhayangkara ke – 78 khususnya di Polres Sumbawa Barat.

Pada kesempatan tersebut Dandim 1628/SB Letkol Inf Andri Karsa, S.Sos.,M.Han berkesempatan menyerahkan hadiah dan pemberian penghargaan kepada yang Kapolsek Seteluk, Kapolsek Kawasan Pelabuhan Laut Tano dan Kapolsek Brang Rea.

Kegiatan Upacara HUT Bhayangkara Ke – 78 berakhir pada pukul 9.30 Wita dalam keadaan aman dan lancar.

Artikel Lainnya

Back to top button