Ragam Informasi
Trending

Transformasi Digital PLN Perkuat Komunikasi Publik dan Peningkatan Pelayanan Pelanggan.

Jakarta.mediajurnalindonesia.id.Tepat di puncak perayaan acara SEWINDU PR Indonesia, PT PLN (Persero) mendapatkan apresiasi sebagai perusahaan berpengaruh di bidang komunikasi. Bekerja sama dengan NoLimit, PR Indonesia melakukan media monitoring kepada lebih dari 15.000 media online dan media sosial menggunakan teknologi big data untuk memberikan penghargaan tersebut kepada PLN.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengungkapkan, penghargaan ini merupakan hasil kerja keras seluruh insan PLN. Transformasi digital yang dilakukan PLN, menjadi titik perubahan besar pada proses bisnis hingga ke layanan PLN yang semakin memudahkan masyarakat.

“Selama 3,5 tahun terakhir PLN bertransformasi dalam meningkatkan kinerja dan memberikan pelayanan terbaik, effort ini pun kembali mendapatkan apresiasi. Penghargaan ini ditujukan untuk seluruh insan PLN yang telah bekerja keras dan memberikan dedikasi luar biasa bagi perusahaan,” tutur Darmawan.

BACA JUGA   Peduli dan Merakyat, Keluarga Jawa KSB Simpati akan HMS

PLN bertransformasi menjadi perusahaan yang mampu beradaptasi terhadap perubahan zaman dan disrupsi teknologi melalui digitalisasi. Apalagi, sebagai perusahaan dengan jumlah pelanggan lebih dari 85 juta tersebut, PLN dituntut dapat menjawab kebutuhan pelanggan yang serba cepat.

“Dulu, proses bisnis PLN sangat kompleks, berbelit, terfragmentasi dan semua dilakukan secara manual. Sistem lama ini membuat seluruh proses bisnis lambat, tak tercatat dengan baik dan tak terukur. Maka dari itu, kami respons dengan melakukan transformasi dengan basis digitalisasi,” ujar Darmawan.

Salah satu hasil dari transformasi ini adalah lahirnya aplikasi New PLN Mobile. Dulu, aplikasi PLN Mobile, di- install,hanya oleh 500 ribu pengguna dengan ratingnya yang sangat rendah, hanya mendapatkan rating sebanyak 2,5 dari skala 5.

Kini, dengan transformasi digital yang dilakukan, hanya dalam waktu singkat PLN Mobile telah di- download_ oleh hampir 44 juta pengguna dan rating yang mencapai 4,8 dari skala 5. Hal ini menjadi bukti nyata transformasi yang dilakukan PLN telah menjelma menjadi salah satu perusahaan pelayanan publik terbaik di Asia, bahkan dunia.
Ditambahkan Darmawan, PT PLN (Persero) adalah BUMN kelistrikan yang terus berkomitmen dan berinovasi menjalankan misi besar menerangi dan menggerakkan negeri. Memiliki visi menjadi perusahaan listrik terkemuka se-Asia Tenggara, PLN bergerak menjadi pilihan nomor 1 pelanggan untuk Solusi Energi. PLN mengusung agenda Transformasi dengan aspirasi Green, Lean, Innovative, dan Customer Focused demi menghadirkan listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik. PLN dapat dihubungi melalui aplikasi PLN Mobile yang tersedia di PlayStore atau AppStore.(Fatur/MJI).

Artikel Terkini

Back to top button