Ragam Informasi
Trending

Tingkatkan Kemampuan Kaum Hawa Polda NTB Gelar Workshop PUG

MATARAM, Mediajurnalindonesia.id– Polda NTB menggelar kegiatan Workshop Kelompok Kerja Pengarusutamaan Gender (PUG) lingkup Polda Nusa Tenggara Barat di Ballroom Hotel Lombok Plaza, Mataram, Rabu (12/4/2023).

Acara peningkatan kemampuan kaum hawa itu dibuka langsung oleh Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggar Barat (Kapolda NTB) Irjen Pol Djoko Poerwanto dan dikuti 160 peserta dari anggota Polri dan PNS Polri secara ofline (langsung) dan online melalui aplikasi zoom.

Narasumber yang dihadirkan Polda NTB dalam Workshop PUG tahun 2023 ini Wakil Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat dengan Materi Implementasi PUG yang ada di Provonsi NTB.

Berikutnya Pakor Polwan RI Brigjen Pol Dra. Desy Andriani Jabatan Psikolog Kepolisian Utama Tk. II SSDM Polri dengan Materi Konsep Gender dan Program PUG di Mabes Polri.

Ada juga Kanit 3 Subdit V Dittipidum Bareskrim Polri AKBP Ema Rahmawati, S.I.K. dengan Materi Kesetaraan dan keadilan Gender serta layanan peradilan yang Inklusif.

Dalam sambutannya, Kapolda NTB mengatakan bahwa dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata terhadap kesetaraan gender.

BACA JUGA   Meresmikan Penggunaan IPAL di Ponpes Al Hikmah Sumbawa, HMS Didoakan Santri Agar Selalu Bersama Rakyat

“nantinya kegiatan ini dapat memberikan langkah yang ditentukan nyata bukan angan-angan semata untuk memberikan kemanfaatan bagi organisasi Polri,” jelasnya.

Ia berharap, dengan adanya Workshop Pengarusutamaan Gender (PUG) memberikan kemanfaatan kaum hawa terhadap kesetaraan gender.

Selain itu dengan adanya beberapa narasumber, ia yakin semua dapat dilaksanakan dengan baik.

“jadikan kegiatan ini sebagai pemicu bahwa semua bisa dilakukan dengan baik dan benar,” kata Kapolda NTB.

Sementara ketua Pokja PUG Kombes Pol Andi Azis Nizar dalam laporannya mengatakan, kegiatan Pengarusutamaan Gender (PUG) ini merupakan strategi untuk mengintegrasikan perspektif kaum hawa atau gender ke dalam pembangunan. Mulai dari perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, serta pemantauan evaluasi, yang bertujuan untuk mewujudkan kesetaraan gender sehingga mampu menciptakan pembangunan yang lebih adil dan merata bagi seluruh penduduk Indonesia.

Sementara kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Polda NTB untuk PUG tersebut antaranya,
melakukan pendataan jumlah Polwan dan PNS wanita yang menduduki jabatan sesuai dengan kepangkatan.

BACA JUGA   Pemkab Sidoarjo Raih Penghargaan Tingkat Pemulihan dan Pertumbuhan Ekonomi Terbaik

Berikutnya melakukan analisa isu gender, pendataan ketersediaan sarana seperti laktasi, RPK Polda (YANMAS), RPK Res/ta (Yanmas), Toilet pria/wanita dan lain-lain.

Melakukan sosialisasi pengarusutamaan gender (PUG) dan workshop peningkatan kemampuan pengarusutamaan gender
(PUG) seperti yang saat ini dilaksanakan.

“PUG ini dilaksanakan berdasarkan undang-undang, instruksi presiden tahun 2000 dan peraturan Kapolri no 1 tahun 2022 tentang pengarusutamaan gender.

Tujuan yang ingin dicapai pihak Kepolisian dalam kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan kelompok kerja pengarusutamaan gender
(PUG) Polda NTB dalam mendukung kebijakan pemerintah.

Selain itu untuk mewujudkan
kesetaraan gender dengan mengurangi kesenjangan antara laki-laki dan
perempuan dalam mengakses dan mengontrol sumber daya.

Agar dapat berpartisipasi di seluruh proses pembangunan dan pengambilan
keputusan, serta memperoleh manfaat dari pembangunan.

“Kegiatan workshop kemampuan kelompok kerja pengarusutamaan gender (pug) tahun 2023 menggunakan anggaran dipa/rka-kl Biro Sdm
Polda NTB T.A. 2023,” pungkasnya

Artikel Lainnya

Back to top button