Ragam Informasi
Trending

Sispamkota Massa Karang Sampir Partai Madu Lakukan Aksi Demo Anarkis di KPU Sumbawa Barat

Sumbawa Barat.Mediajurnalindonesia.id
Personel Polres Sumbawa Barat bersama Pelopor Batalyon B Sat Brimob Polda NTB melaksanakan latihan dalam kegiatan simulasi sistem pengamanan kota (Sispamkota) Pengamanan pemilu tahun 2024.Latihan itu dipusatkan di lapangan samping Pemadam Kebakaran (Damkar) Komplek KTC Kabupaten Sumbawa Barat Sabtu (14/10/23).

“Simulasi Sispamkota ini dilaksanakan, untuk mengantisipasi terjadinya gangguan kamtibmas pada tahapan pemilu 2024,” Kata Kapolres Sumbawa Barat AKBP Yasmara Harahap S.IK dalam sambutannya saat pimpin apel simulasi sispamkota.

Ia menjelaskan, simulasi itu dalam upaya menggambarkan kesiapan personel beserta sarana dan prasarana, manakala terjadi situasi kontijensi supaya dapat segera diantisipasi secara bersinergi dengan cepat dan tepat.

BACA JUGA   Kapolres Sumbawa Berikan Bantuan Untuk Warga Terdampak Kebakaran Di Musuk

Dikatakan, dalam simulasi Sispamkota itu terhadap situasi kontijensi yang diasumsikan penanganan dan pengamanan beberapa kejadian.

Seperti digambarkan penanganan sewaktu masa dari karang sampir menolak salah satu calon legislatif nomor urut 1 dan melakukan kampanye hingga melakukan protes di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Selain itu, cara mengatasi unjuk rasa di TPS, massa salah satu Partai Madu melakukan unjuk rasa baik di TPS atau pun di gedung KPU KSB lantaran tidak menerima kekalahan.

BACA JUGA   Peletakan Batu Pertama Desa Peteluan Indah Diharapkan Kedepannya Dapat Beri Pelayanan Maksimal

Kata Kapolres Yasmara, rangkaian adegan diperagakan penanganan situasi oleh tim negosiator, penggunaan personel Binmas dengan humanis, namun negosiasi tidak bisa di elakan dalmas awal turun menggantikan anggota Binmas.

Juga terhadap eskalasi massa meningkat ditambah dengan aksi anarkis, peragaan dalmas dan anggota Brimob Polda NTB serta penggunaan kendaraan taktis Armored Water Cannon (AWC).

“Kita ucapkan terima kasih kepada semua personel yang terlibat dalam kegiatan simulasi ini. Saya berharap supaya situasi di Kabupaten Sumbawa Barat selama pemilu tahun 2024 tetap aman dan kondusif,”tutur AKBP Yasmara Harahap (Rozak)

Artikel Terkini

Back to top button