Ragam Informasi
Trending

Raker ke-II PWI KSB Usung Tema ‘Pers Profesional, Daerah Maju’

Sumbawa Barat.Mediajurnalindonesia.id-Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumbawa Barat mengusung tema “Pers Profesional, Daerah Maju” di momentum Pelantikan Pengurus Periode 2023 – 2026 dan Rapat Kerja ke-II PWI Sumbawa Barat yang akan berlangsung di Mataram, 18 – 19 Agustus 2023.

Tema tersebut selaras dengan Tema HUT RI ke-78 ‘Terus Melaju untuk Indonesia Maju’.

Ketua PWI Sumbawa Barat, Hairil W Zakariah, mengatakan tema tersebut sengaja dipilih sebagai wujud komitmen PWI KSB untuk terus menjadi yang terdepan dalam mendorong tumbuhnya wartawan profesional dan berkompeten dalam pelaksanaan tugas-tugas jurnalistik.

Menurutnya profesionalisme menjadi tantangan berat sekaligus hal mutlak yang harus dimiliki wartawan. Ini penting agar wartawan bisa melaksanakan fungsi pendidikan, kontrol sosial dan berkontribusi positif dalam pembangunan bangsa dan negara.

“Tujuan besar Indonesia maju, mustahil bisa dicapai jika Wartawan sebagai pilar keempat demokrasi tidak berkompeten dan tidak bersikap profesional,” ujar Hairil, di Taliwang, Kamis 17 Agustus 2023.

BACA JUGA   HMS Kampanye Stunting dan Keluarga Sejahtera di Kabupaten Sumbawa

Menurutnya pertumbuhan media massa, khususnya media siber dalam satu dasawarsa terakhir sangat tinggi. Tetapi harus diakui pertumbuhan tersebut tidak dibarengi dengan pertumbuhan kualitas wartawan. Banyak wartawan yang muncul adalah wartawan ‘instan’, tanpa melalui proses untuk menjadi profesional. Muncul dari berbagai latar belakang, membuat media sendiri, mencetak kartu pers sendiri, lalu menjadi Pimred sendiri. Bahkan banyak diantaranya yang menjadikan media dan profesi ini sebagai alat, karena orientasinya adalah materi.

“Yang kasihan masyarakat karena akan sulit mendapatkan karya-karya jurnalistik bermutu,” katanya.

PWI KSB, sejak terbentuk pada 2021, sambung Hairil, menjadikan capacity building (pengembangan kompetensi) wartawan sebagai program pertama dan utama.

“Alhamdulillah beberapa bulan pasca terbentuk, seluruh anggota PWI KSB sudah tersertifikasi Dewan Pers. Di NTB, bahkan di Indonesia mungkin hanya PWI KSB yang seluruh anggotanya sudah UKW. Kami juga rutin melaksanakan berbagai bentuk pelatihan jurnalistik dan diskusi berkala di internal organisasi, serta bermitra dengan berbagai pihak melaksanakan berbagai program dalam upaya mendukung pembangunan daerah dan masyakat,” urainya.

BACA JUGA   Melalui Pengobatan Massal, Kodim Loteng, Dukung Kegiatan Bhakti Wartawan, Di Aik Bukak.

Rapat Kerja ke-2 PWI KSB akan merumuskan sejumlah program prioritas yang diusulkan anggota untuk dilaksanakan dalam periode kepengurusan 2023 – 2026. Program peningkatan kompetensi wartawan tetap menjadi prioritas, disamping sejumlah program lainnya untuk mendukung investasi, pembangunan dan pengembangan masyarakat.

“Kami berterimakasih kepada Pemda KSB, khususnya Pak Bupati dan AMMAN (PT Amman Mineral Nusa Tenggara) yang selama ini, sebagai mitra, selalu mendukung program-program yang kami dilaksanakan. PWI KSB berkomitmen mendukung program pembangunan dan investasi dengan tetap menjunjung tinggi profesionalisme,” tutup Hairil.(*)

Artikel Terkini

Back to top button