Ragam Informasi
Trending

Polda NTB dan Polres Jajaran Gelar Operasi Keselamatan Rinjani 2023

Mataram, Mediajurnalindonesia.id.Operasi Keselamatan Rinjani TA. 2023 dimulai hari ini, Selasa (7/2/2023) untuk menekan angka kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas yang terjadi di wilayah hukum Polda NTB. Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Rinjani ini dipimpin oleh Irwasda Polda NTB Kombes Pol Djoko Hari Utomo di Lapangan Bhara Daksa Polda NTB.

Dalam arahannya kepada personel gabungan yang terlibat dalam operasi tersebut, Kombes Pol Djoko Hari Utomo menerangkan soal permasalahan di bidang lalu lintas yang kini berkembang pesat dan dinamis yang dipicu beberapa faktor seperti meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan juga meningkatnya populasi masyarakat serta meningkatnya pola aktifitas masyarakat NTB.

“Dibukanya kembali NTB sebagai destinasi wisata juga turut memicu munculnya permasalahan di bidang lalu lintas yang meliputi meningkatnya pelanggaran lalu lintas. Sehubungan dengan hal tersebut maka perlu dilakukan upaya penanganan profesional dan komperhensif guna terciptanya Kamseltibcar lantas,” terangnya.

BACA JUGA   HMS Menyerahkan Bantuan 5 Unit Roda Tiga di Beberapa Kecamatan Kabupatan Bima dan Kota Bima

Dilanjutkan dia bahwa pihaknya menyadari permasalahan lalu lintas tidak dapat diselesaikan hanya oleh kerja keras dari personel Polri saja, namun perlu adanya peran serta yang sinergis antara Polri, Pemerintah Daerah dan peran dari TNI sehingga diharapkan dapat tercapai koordinasi yang solid guna terciptanya Kamseltibcar Lantas yang aman dan kondusif.

Sebagai pembanding, dalam operasi Keselamatan Rinjani tahun 2022 didapati sebanyak 8.422 pelanggaran ditemukan dengan tindakan penilangan sebanyak 2.929 dan teguran sebanyak 5.493. Angka kecelakaan saat operasi tersebut berlangsung sebanyak 40 kejadian dengan korban meninggal dunia sebanyak 10 orang dan luka luka 58 orang.

BACA JUGA   Tekan Angka Kasus TB, Dinkes Sidoarjo Kolaborasi Lintas Sektor

“Dari hasil evaluasi tersebut didapati bahwa, dominasi pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas adalah karena penggunaan helm yang tidak standar SNI, Savety Belt dan pelanggaran terhadap rambu atau marka jalan dan factor human eror,” jelasnya.

Maka menyikapi hal tersebut untuk mencapai situasi Kamseltibcar Lantas yang aman dan lancar, Polda NTB menggelar operasi Kepolisian Kewilayahan bidang lalu lintas dengan sandi Operasi Keselamatan Rinjani 2023 yang dilaksanakan selama 14 hari dimulai dari tanggal 7-20 Februari 2023.

“Operasi ini merupakan salah satu upaya Polri untuk menurunkan angka pelanggaran, angka kecelakaan lalu lintas dan angka fatalitas kecelakaan,” tegasnya.

Operasi keselamatan Rinjani 2023 ini mengusung tema “Meningkatnya Disiplin Masyarakat Dalam Berlalu Lintas, Menurunnya Angka Fatalitas dan Pelanggaran Lalu Lintas”. (Mji)

Artikel Lainnya

Back to top button