Ragam Informasi
Trending

Pemkab Sidoarjo Rencanakan Beton dan Perlebar Jalan Penghubung Tiga Desa Kecamatan Wonoayu

Kominfo, Sidoarjo.Mediajurnalindonesia.id- Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dalam dua tahun terakhir ini tengah mengebut proyek infrastruktur jalan. Tidak hanya pemeliharaan dan peningkatan jalan dari aspal ke jalan beton saja. Penataan juga menjadi perhatian Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali.

Penataan yang saat ini tengah dilakukan Pemkab Sidoarjo yakni menyiapkan rencana pembangunan drainase jalan serta memperlebar ruas jalan penghubung antar desa antar kecamatan. Jalan antar desa yang bakal direncanakan akan dilebarkan yakni jalan Pilang – Sumber Rejo – Wonokasian.

Saat ini jalan yang menjadi penghubung desa Sumber Rejo, Desa Pilang dan Desa Wonokasian Kecamatan Wonoayu itu lebarnya hanya 5 meter. Padahal volume kendaraan yang lewat sudah padat, terutama di pagi dan sore hari. Padatnya volume kendaraan yang lewat karena di wilayah itu sudah banyak perumahan yang berdiri.

Kamis (18/5/2023) meski bertepatan hari libur nasional kenaikan Isa Al Masih, Bupati Ahmad Muhdlor masih memantau sejumlah proyek. Salah satunya melakukan sidak di ruas jalan Pilang – Sumber Rejo. Itu dilakukannya untuk memastikan pekerjaan perbaikan jalan rusak berjalan sesuai target pelaksanaan.

BACA JUGA   Tenaga Nakes Melakukan Aksidemonstrasi Depan Pemkab Bima

Dalam sidak proyek Gus Muhdlor didampingi Plt. Asisten 2 Budi Basuki dan Kepala Dinas PU Bina Marga dan SDA Dwi Eko Saptono.

“Jalan penghubung antar desa antar kecamatan ini merupakan ruh ekonomi warga. Cepat tidaknya pertumbuhan ekonomi karena infrastruktur jalan. Pemerataan ekonomi bisa dicapai apabila pembangunan dan penataan infrastruktur jalan dilakukan dengan baik. Lebar jalan Pilang – Sumber Rejo sekarang 5 meter dan bila dilihat tadi masih bisa ditambah 2 meter lagi, jadi 7 meter. Bila nantinya dilebarkan maka kendaraan lebih lancar,” terangnya.

Jalan Pilang – Sumber Rejo merupakan jalan utama warga desa setempat. Karena dengan melewati jalan ini warga merasa lebih cepat sampai. Jalan tersebut juga akses menuju ke arah Kecamatan Sukonodo.

Kepala Dinas PU Bina Marga dan SDA Eko Dwi Saptono menyampaikan, jumlah ruas jalan yang dalam perbaikan ada 12 ruas. Salah satunya di ruas Pilang – Sumber Rejo. Panjang jalannya 4 km dan yang mengalami kerusakan sekitar 300 meter.

BACA JUGA   BNNK Sumbawa Barat Dalam Menyampaikan Capaian Kinerja Selama 1 Tahun,Ajak Masyarakat Pengguna Untuk di Rehabilitasi Tanpa Biaya

“Arahan dari Pak Bupati jalan ini masuk atensi dan rencananya akan dibeton dan diperlebar lagi sekitar 2 meter. Dari panjang 4 meter itu sebagian sudah di beton, nantinya dilanjutkan lagi sekitar 2,5 km lagi,” ujar Dwi.

Sementara itu Kepala Desa Sumber Rejo H. Sahar Maulana mengapresiasi rencana Pemkab Sidoarjo yang bakal memperlebar jalan desa mereka. Namun, kata Sahar pihaknya akan mengajak komunikasi terlebih dengan jajarannya karena sebelah sisi barat jalan merupakan sawah gogol milik warga.

“Kami mendukung rencana Pemkab Sidoarjo untuk memperlebar jalan ini. Karena memang jalan ini sudah padat. Setiap pagi dan sore macet. Tapi kami harus menyampaikan dulu ke pemilik gogol insyaAllah warga sini mendukung,” ujar pemilik bengkel Cat H. Sahar itu. (NitAlim)

Artikel Lainnya

Back to top button