Ragam Informasi
Trending

Merajut Toleransi Ummat Beragama,Pemdes Kuripan Selatan Hadiri Perayaan Beaci-Aci yang dilaksanakan Ummat Hindu.

Lombok Barat, Mediajurnalindonesia.id-
Minggu 14 Mei 2023, Ummat Hindu yang ada di Desa Jagaraga Kecamatan Kuripan melaksanakan kegiatan Tahunan yang biasa disebut dengan Beaci-Aci. Kegiatan ini dilaksanakan dilaksanakan di Pedewak Dalem Pelabu Desa Kuripan Selatan. Ada yang unik dalam pelaksanaan kegiatan ini,dimana dikuripan selatan Notabene tidak ada satu pun yang beragama Hindu. Akan tetapi ada Ummat Hindu yang beribadah dan berkegiatan dengan Aman dan Nyaman. Bahkan Pemerintah Desa Kuripan Selatan bersama,Kapolsek Kuripan, Bhabinkamtibmas,Tokoh Adat,Perangkat Kewilayahan dan BPD Desa Kuripan Selatan Hadir dalam Perayaan Tersebut. Bahkan Linmas Desa Aktif Melakukan Pengawalan atas Kegiatan yang diselenggarakan dari pagi sampe Sore tersebut.
Kapolisian Sektor Kuripan Iptu Sutrisno Menyampaikan “bahwa kegiatan ini menjadi Perayaan Kegiatan yang Unik, menunjukkan Tingkat Toleransi Ummat Beragama Kita Tinggi. Kita tidak saling Mempermasalahkan Perbedaan tapi saling Merajut Perbedaan menjadi Suasana Yang Harmonis,dan Alhamdulillah Selama Perayaan Kegiatan Ini tidak pernah ada Hal-hal yang Tidak Diinginkan Terjadi. Semua berjalan Aman,Nyaman dan Lancar. Kami dari Kepolisian Sektor Kuripan Komitmen Untuk Terus Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan meski Kita Berbeda Keyakinan.” Jelas Pak Kapolsek.

BACA JUGA   Polres Sumbawa Barat Lakukan Pengamanan Mako Dari Serangan Orang Tidak Dikenal


Tidak Hanya Itu,Kepala Desa Kuripan Selatan Satriawan yang didampingi Oleh Tokoh adat dan Perangkat Kewilayahan (Kepala Dusun) menyampaikan Bahwa ” Kegiatan Ini sudah Turun Temurun dilaksanakn,dan Selama Ini tidak pernah terjadi Hal-hal yang tidak diinginkan. Ini Merupakan Kegiatan Ketiga yang dilaksanakan Oleh Rekan-Rekan Ummat Hindu. Dimana pada pelaksanaan Hari ini yang terakhir. Sebelumnya sudah ada 2 Kelompok yang sudah melaksanakan dan Itu Berjalan dengan Aman,Nyaman dan Lancar. Kami dari pemerintah Desa Bersepakat Untuk Kita Bangun Kembali Nilai-Nilai Kerukunan Ummat Beragama ini. Kita Tunjukkan Bahwa Kuripan Selatan Menjadi Contoh Bertoleransi Dalam Beragama. Tidak Kemudian Ketika berbeda Terus Kita Harus Ribut. Tidak.! Kita tidak Mau Hal-hal seperti itu terjadi. Hadirnya Pemerintah Desa Hari ini ingin Menyampaikan Pesan Bahwa Kerukunan Dalam perbedaan Berkeyakinan Itu Harus Kita Jaga, Kami dari Pihak Pemerintah Desa Juga Mengerahkan Linmas Desa Untuk pelaksanaan Kegiatan ini. Bentuk kita saling menjaga dan saling menghargai. Bahkan Kedepan Nanti Kita Akan Usahakan Melakukan Kegiatan Bersama dalam Bentuk festival Budaya dan Sebagainya. ” Jelas Kepala Desa Kuripan Selatan.

BACA JUGA   Dandim 1628/SB Hadir di Bima Berikan Bantuan Pembangunan Musholla Al Mubarok Desa Ntonggu


Bahkan Tokoh Ummat Hindu Dane Lemek (Ketua Kelompok Lamper ) juga Menambahkan
“Kami sangat berterima kasih Kepada Kepala Desa Kuripan Selatan dan Kepolisian serta Semua Elemen yang telah terlibat dalam mengamankan kegiatan yang kami selenggarakan. Kami berharap bahwa Kebersamaan kita merajut Toleransi Ini tidak hanya pada kegiatan Beaci-Aci ini saja. Melainkan Banyak Kegiatan yang bisa kita Kolaborasikan Kedepan sebagai bentuk Kebersamaan Kita.” Tegasnya


Sementara itu Bhabinkamtibmas Desa Kuripan Selatan L.Zulindia Zakari SH. menyampaikan ” Kegiatan Tetap kami pantau dan Kami Secara langsung terlibat untuk mengamankan Kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan di Desa Kuripan Selatan.

Tidak Hanya Ini.! Kegiatan-kegiatan Lainnya juga tetap kami pantau dan Kami Terjun Langsung untuk melakukan pengawalan dan Pengamanan. Contohnya Nyongkolan dan Sebagainya juga kami Pro Aktif melakukan Pengamanan sehingga Kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan Berjalan dengan Aman,Nyaman dan Lancar ” tutupnya.
(Ramli.Mji)

Artikel Lainnya

Back to top button