Ragam Informasi
Trending

Maksimalkan Pengawasan, Bawaslu KLU Gelar Rapat Evaluasi Training Of Trainer Saksi Parpol di Pemilu 2024

Lombok Utara.Mediajurnalindonesia.id- Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Lombok Utara (Bawaslu KLU) menggelar rapat evaluasi Training Of Trainer (TOT) saksi Parpol pemilu 2024 di Hotel plaza Mataram, Sabtu (29/12/2023).

Acara yang berlansung dua hari tersebut dihadiri anggota Bawaslu RI Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat, Lolly suhenty S.Sos., M.H, Bawaslu provinsi dan Bawaslu Kabupaten Lombok Utara (KLU), tokoh adat tokoh pemuda tokoh masyarakat dan panwascam se-KLU.

Mekanisme TOT yang digelar oleh Bawaslu ini untuk efektif dan efisiensi pengawasan para saksi Parpol di Pemilu 2024, sehingga pelaksanaan pelatihan kepada para saksi partai politik harus dievaluasi.

Dalam sambutan nya, Lolly suhenty, mengatakan, melalui mekanisme yang ada dalam undang-undang No. 7 Tahun 2017 maka Bawaslu diberi mandat untuk melaksanakan pelatihan saksi partai politik.

BACA JUGA   Pemkab Sidoarjo Rencanakan Beton dan Perlebar Jalan Penghubung Tiga Desa Kecamatan Wonoayu

Pelatihan saksi partai politik ini kemudian disematkan ke Bawaslu tentu bukan tanpa latar belakang, kata Lolly, sesungguhnya pelatihan Saksi diharapkan akan memperkuat saksi partai politik pada pelaksanaan Pemilu 2024.

Dengan adanya pelatihan tersebut, diharapkan akan hadir saksi-saksi yang memahami mekanisme yang harus ditempuh ketika menghadapi segala situasi dan kondisi di saat hari H.

“Disaat terjadi situasi yang tidak semestinya, maka saksi partai politik tahu apa yang harus dilakukan,” ujar Lolly.

Saat hari H, kata Lolly, perkuat pengawasan, sehingga secara prosedur tidak akan ada pelanggaran yang terjadi. Jika terdapat pelanggaran maka ada mekanisme penyelesaiannya yang akan ditempuh.

“Kalau tidak ada mekanisme penyelesaian saat itu maka harus ada kepastian mekanisme penyelesaian yang akan ditempuh ditahap selanjutnya,”tegasnya.

BACA JUGA   Mencegah Stunting,HMS Bagikan Ikan Segar Kepada Warga di Bima

“Sebagai sebuah lembaga hirarki, kami perlu mendapat masukan-masukan yang terbaik untuk keluar dari situasi yang paling relevan dan itulah yang diperlukan, masukan bahkan kritik silahkan sampaikan ke Bawaslu,”terangnya.

Bawaslu RI menghimbau agar semua ikut berpartisipasi menjaga proses pelaksanaan Pemilu agar Pemilu 2024 berjalan dengan baik.

Terpisah ditempat yang sama Ketua Bawaslu KLU Deni Hartawan,SH menyampaikan bahwa tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat harus ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan pemilu 2024.

“Pemilu ini Milik kita jadi harus kita jaga dengan sebaik-baiknya, kita harus menjadi warga negara dan aktor yang baik dalam pemilu 2024, jangan diam saja,”tutupnya.(Doel)

Artikel Terkini

Back to top button