Ragam Informasi
Trending

KPUD KSB Diminta Inisiasi Debat Caleg Kabupaten

Sumbawa Barat.Mediajurnalindonesia.id– Komisi pemilihan umum daerah kabupaten Sumbawa Barat berani untuk menginisiasi adanya debat calon legislatif pada level kabupaten. Ini penting untuk menguji gagasan sejauh mana setiap calon legislatif.

Demikian dikatakan Calon Legislatif dari partai Nasdem, Unang Silatang, Jumat 29 Desember 2024.

Debat bagi calon legislatif itu juga penting, kata Unang, karena dapat menggeser praktek politik uang. Jadi sebagai penyelenggara di daerah harusnya berani keluar dari pola biasa demi proses yang lebih berkualitas.


“Saya paham bahwa tidak ada aturan yang secara eksplisit menyebutkan tentang debat caleg. Tetapi saya pikir jika tidak ada juga larangan, kenapa tidak berani dilaksanakan,” tegasnya.

BACA JUGA   Menjelang Pesta Demokrasi 2024,Sejumlah Wartawan Loteng, Berdiskusi Untuk Menangkal Hoax, Dalam Pembuatan Berita.

Dalam kaitan demokrasi di Sumbawa Barat saat ini, salah satu yang menjadi rahasia umum adalah praktek politik uang kita sangat tinggi, bahkan nilainya bisa sampai diangkat jutaan perorang. Tetapi jika mendalami motifnya, itu karena bentuk kekecewaan. Untuk itu pertarungan ini harus digeser kepada pertarung yang lebih berkualitas.
“Kalau tidak bisa oleh KPUD, mungkin bisa diajak kerjasama dg lembaga lain yang mau melaksakan ini. Yang jelas ini sangat penting,” tandasnya.

BACA JUGA   Dandim Lombok Tengah, Tekankan Anggota, Pentingnya Netralitas TNI, Pada Pemilu 2024.

Problem serius dalam pesta demokrasi, khsusnya pada wilayah pencalegan adalah siapa yang berduit itu yang kuat, kalau ini dibiarkan maka pesta demokrasi sama dengan kita sedang ‘berjudi’. Jadi jangan sampai karena penyelenggara sangat formalistik bekerja, lantas hasil dari pesta demokrasi ini menghasilkan output yang tidak berkualitas.
“Ayo kami sangat menunggu pertarungan gagasan, jangan sampai nanti yang terpilih adalah dia tidak paham dengan tugas dan fungsinya,” pungkasnya.(red)

Artikel Terkini

Back to top button