Ragam Informasi
Trending

KASAD TNI Award 2023,Dandim 1607/Sumbawa dan Kapolres Bersama Jurnalis Nonton Bereng

Sumbawa Besar.Mediajurnalindonesia.id
Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat mengadakan KASAD Award Apresiasi untuk Media dengan tema ” Bersama Merawat Kebangsaan ” ini sebagai penghargaan untuk media yang berkomitmen dan secara kontinyu memberitakan tentang berbagai isu strategis yang menjadi bagian dari program prioritas pemerintah.

Bertempat di Makodim 1607 Sumbawa pada senin 10 juli 2023 nonton bareng Dandim 1607/ Sumbawa Letkol CZI Eko Cahyo Setiawan dan Kapolres Sumbawa AKBP Heru Muslimin S.IK.MIP,Kasdim Mayor Dahlan dan jajaran Danramil 1607/Sumbawa serta hadir para Jurnalis Sumbawa.

Ketua Dewan Pers Dr.Ninik Rahayu, SH, MS dan sekaligus panitia KASAD Award 2023 menyampaikan, Awarding seperti ini sekaligus pemicu bagi insan pers agar terus Berkhidmat dalam menjalankan fungsi pers sebagai media informasi, pendidikan, hiburan dan kontrol sosial.

” Pers kita ” sudah tidak baik-baik saja”begitu semakin tingginya upaya abuse of power pada kehidupan pers,baik dari internal media maupun aspek eksternal. KASAD Award sangatlah istimewa. Bukan dalam kerangka lomba.Panitia KASAD Award yang melakukan peneropongan terhadap semua berita dari media siber di tanah air dalam kerangka human Security.” terangnya

Ia mengatakan,Paradigma Human Security memastikan Kewaspadaan terhadap ancaman ideologi, terorisme, stunting, bencana alam dan wabah,isu- isu intoleransi, kebutuhan digitalisasi yang inovatif termasuk melestarikan kebudayaan. Perhatikan Pers terhadap isu Human Security mungkin belum berbanding lurus dengan jumlah berita yang paling sering dicari atau diklik oleh masyakarat .

BACA JUGA   Petani KSB Bahagia Mendapat Bantuan Bibit Jagung dari HMS

” Godaan impresi dan traffic yang tinggi kerap membuat sebagian perusahaan pers mengambil pilihan yang dapat dikalkulasikan sebagai revenue.” jelasnya

Dewan Pers juga mendorong kepada anak muda,yang sangat fasih bermedia sosial, untuk mengamplifikasi berbagai persoalan dalam isu Human Security melalui konten-konten yang mencerahkan,dan oleh karena itu tentu saja perlu mencari dan menelaah referensi yang tepat.

Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) TNI Jenderal TNI Dr. H. Dudung Abdurachman, S.E., M.M. menyampaikan KASAD Award 2023 merupakan inisiatif dari pimpinan TNI Angkatan Darat untuk memberikan apresiasi kepada media yang mengangkat sepuluh isu strategis dalam pemberitaan mereka. Sepuluh isu strategis yang menjadi katagori penilaian ini menjadi penting karena merupakan bagian dari program prioritas pemerintah dan menjadi perhatian masyarakat.

“Kami berharap apresiasi untuk media ini dapat memotivasi rekan-rekan media dan masyarakat luas dalam menyebarkan pesan positif demi mendorong kemajuan Indonesia,” kata KASAD TNI Jenderal TNI Dr. H. Dudung

Menurut KASAD TNI Jenderal TNI Dr. H. Dudung bahwa KASAD Award menyaring pemberitaan media daring sejak Mei 2022 sampai Mei 2023 berdasarkan 10 kategori. Sebanyak 10 media nasional, 10 media daerah, dan 4 media kampus berhasil menjadi pemenang penghargaan tersebut.

BACA JUGA   Upacara HUT Kemerdekaan RI Kecamatan Sedati, Memunculkan Inovasi Desa

Berikut 10 kategori tersebut:
1). Keberagaman dan Toleransi
2). Melawan Radikalisme 3).Pengarusutamaan Gender
4). Inovasi Digital
5). Solidaritas Internasional
6).TNI AD di Tengah Kesulitan Rakyat
7).Pembangunan di Daerah 3T 8).Perlindungan Anak
9).Menekan Stunting
10).Pelestarian Kebudayaan

Dari situ, terjaring hampir 3 juta data dari 221 media. Panitia KASAD Award kemudian menyaring lagi berdasarkan nama-nama perusahaan media yang terverifikasi di Dewan Pers, kecuali media kampus, dan jumlah pemberitaan sesuai kategori tadi. Kemudian tercatat 72 media yang masuk tahap final dengan 2.030 naskah yang dinilai oleh dewan juri.

Dewan juri KASAD Award terdiri atas tujuh tokoh yang mumpuni di bidang masing-masing. Mereka adalah Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu yang juga sebagai Ketua Dewan Juri KASAD Award, Kadispenad Brigadir Jenderal Hamim Tohari, peneliti komunikasi Effendi Gazali, Ketua Badan Pengurus SETARA Institute Ismail Hasani, Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Wenseslaus Manggut, dan dua perwakilan perusahaan media, yakni Arif Zulkifli dari Tempo dan Sonya Hellen Sinombor dari Kompas.(Rozak)

Artikel Lainnya

Back to top button