Ragam Informasi
Trending

Jaksa Jaga Desa, Kejari KSB Mendapatkan Positif Dari Pemerintah Desa Benete

Sumbawa Barat.Mediajurnalindonesia.id
Kejaksaan Negeri (Kejari) Sumbawa Barat melaksanakan Pendampingan, Pembinaan dan Penyuluhan Hukum Kejaksaan Negeri Sumbawa Barat dalam Pembangunan Desa bertempat di Desa Benete Kecamatan Maluk Kabupaten Sumbawa Barat.

Kasi Intelijen Rasyid Yuliansyah SH.MH melalui Staf Intelijen Kejaksaan Negeri Sumbawa Barat Dimas Putranto SH. mengatakan , Jaksa Agung Ri membuat program yaitu Jaksa Jaga Desa, disini tujuannya untuk mencegah penggunaan anggaran desa yang tidak benar serta tertib administras.

“Terkait penyalahgunaan atau pun kesalahan administrasi akan diserahkan ke pihak Inspektorat. Jadi kita sudah ada Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) yang kerjasama dengan Menteri Dalam Negeri, Kejaksaan dan Kepolisian ” jelas Dimas selasa (29/8/23).

BACA JUGA   Betonisasi Tulangan-Durungbedug, Kecamatan Candi Capai Progres 36 Persen

Dimas menegaskan, dengan adanya Jaksa Jaga Desa untuk melindungi Kepala Desa karena sebagai pertanggung jawabnya di pemerintah desa. Ini ada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 1 tahun 2016 Tentang Pengelolaan Aset Desa yang mengatur tentang perolehan, penghapusan maupun tentang pengadministrasian dan pencatatan aset.

Kepala Desa Benete Tandring AR melalui seketaris Desa Benete Supriadi menyampaikan terimakasih dan apresiasinya kepada Kejaksaan Negeri Kabupaten Sumbawa Barat yang sudah melakukan pendampingan Pembinaan dan Penyuluhan Hukum kepada Pemerintah Desa terkait Dana Desa dan Aset Desa.

“Ini suatu program yang baik oleh Kejaksaan Negeri Kabupaten Sumbawa Barat, sehingga memberikan banyak ilmu kepada pemerintah desa,karena pada dasarnya tidak semua Desa- Desa mengerti pada aturan hukum yang di laksanakan oleh pemerintah desa.” jelasnya

BACA JUGA   Self Potrait Cerminan Diri

Ia menambahkan, semoga program ini tetap di lakukan poin positifnya adalah lebih untuk menjaga bagaimana Dana Desa dapat Transparansi dan akuntabel. Dan sehingga kegiatan ini tetap berkelanjutan.

Dalam kegiatan Jaksa Jaga Desa hadir
Sekdes Benete Supriadi, Kasi Kesra Vivi Wildiani, Kaur Keuangan Sri Wahyuni S.Pd, Kaur Perencanaan Suminarsih S.Ip, Kaur Umum Ana Zulianti, Bhabinkamtibmas Benete Bripka Edi Purwanto.(Rozak)

Artikel Terkini

Back to top button