Ragam Informasi
Trending

HMS Gelar Bimtek Persyaratan Ekspor Komoditas Perikanan di Kabupaten Dompu

Kab Dompu.Mediajurnalindonesia.id-Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi PAN Daerah Pemilihan NTB 1 Pulau Sumbawa H.Muhammad Syafrudin ST.MM akrab disapa HMS atau Rudhy Mbojo melaksanakan Bimbingan Tekhnis (Bimtek) Persyaratan Ekspor Komoditas Perikanan bertempat di Gedung Serba Guna Desa Adu Kecamatan Hu’u Kabupaten Dompu NTB, Jumat (10/3/2023).

Kegiatan tersebut terselenggara atas kerja sama Komisi IV DPR RI H.Muhammad Syafrudin ST.MM dengan Badan Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu (BKIPM) Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Ir. Hari Maryadi, M.Si,Kepala Stasiun KIPM Bima, Jonison P, S.St.Pi,dan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Dompu.

Anggota Komisi IV DPR RI, H. Muhammad Syafrudin, ST., MM yang menginisiasi kegiatan bimtek menyampaikan bahwa Bimtek ini untuk meningkatkan kapasitas nelayan di dalam mengembangkan dan mengelola hasil komoditas kelautan yang ada di Kabupaten Dompu. Sehingga sumber daya perikanan yang dihasilkan dapat memenuhi persyaratan komoditas ekspor.

BACA JUGA   Jelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H,Pemdes Labuhan Lalar Bagikan Honor dan Parsel

“Bimtek tersebut untuk mengedukasi nelayan cara penanganan hasil produksi kelautan ikan sehingga bisa bermutu baik yang pada akhirnya dapat meningkatkan nilai jual. Karena mutu ikan menjadi poin penting dalam proses produksi bagi perusahaan untuk mendistribusikan hasil perikanan baik secara lokal maupun ekspor,” terang HMS tiga periode

HMS Kandidat Doktor Universitas Brawijaya ia berharap setelah mengikuti kegiatan Bimtek ini para nelayan dapat memiliki kapasitas di dalam mengembangkan komoditas hasil perikanan sehingga berkualitas ekspor.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Dompu, Amiruddin, S. Hut menjelaskan potensi kelautan dan perikanan di Kabupaten Dompu cukup besar dan masih terbuka peluang untuk pengembangannya.

” Kabupaten Dompu dikelilingi oleh Teluk Saleh dan Teluk Sanggar yang berpotensi untuk kegiatan budidaya tambak pada wilayah pesisir yang tidak mengandalkan pasang surut air laut, serta Teluk Cempi yang menjadi lokasi kegitan budidaya yang didominasi tambak air payau yang mengandalkan pasang surut air laut.  Pengembangan budidaya perairan laut disesuaikan dengan potensi yang ada. Antara lain untuk budidaya rumput laut, mutiara, budidaya kerapu, budidaya lobster, dan lainnya.” terangnya

BACA JUGA   Bupati Sumbawa Barat Terima Tim Survey Akreditasi RSUD Asy-Syifa

Amiruddin menyampaikan Pemerintah Kabupaten Dompu melalui Dinas Kelautan dan Perikanan telah memetakan potensi keunggulan daerah. Kabupaten Dompu yang akan dikembangkan selama periode RPJMD tahun 2021-2026 ke dalam tiga kelompok utama, yaitu : a). Perikanan Budidaya; b). Perikanan Tangkap; dan c). Pengolahan dan Pemasaran Hasil Kelautan dan Perikanan. 

“Ke-tiga kelompok potensi unggulan yang akan dikembangkan ini merupakan upaya untuk mendukung program unggulan JARAPASAKA menuju Dompu MASHUR dari bidang kelautan dan perikanan yang merupakan langkah pengembangan hasil perikanan dan kelautan mulai dari proses budidaya/hulu sampai dengan pengembangan industri hilir (pengolahan dan pemasaran hasil perikanan dan kelautan),” urainya. (Rozak).

Artikel Lainnya

Back to top button