Ragam Informasi
Trending

HMS Apresiasi Pemerintah Usulkan Gaji Pensiunan Naik 12 Persen Pada 2024

Jakarta.Mediajurnalindonesia.id-
Anggota Komisi IV DPR-RI Fraksi PAN Daerah Pemilihan NTB I Pulau Sumbawa Dr.H.Muhammad Syafrudin ST.MM akrab disapa HMS yang dikenal Sederhana dan Peduli telah apresiasi atas penyampaian Pemerintah yang disampaikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia.

Presiden Republik Indonesia Ir.H.Joko Joko Widodo mengatakan, gaji pensiunan akan mengalami kenaikan sebesar 12 persen pada 2024.Hal itu disampaikannya dalam pidato Rancangan Undang-Undang (RUU) APBN 2024 yang dibacakan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/8/2023).

“RAPBN 2024 mengusulkan perbaikan penghasilan berupa kenaikan gaji untuk ASN pusat dan daerah/TNI/Polri sebesar 8 persen dan kenaikan untuk pensiunan sebesar 12 persen,” ujar Jokowi.

BACA JUGA   Naas!! Salah Faham Mertua Terhadap Menantunya Berujung Maut

“Yang diharapkan akan meningkatkan kinerja serta mengakselerasi transformasi ekonomi dan pembangunan nasional,” kata dia.

Selain itu, menurut Jokowi, kenaikan gaji untuk pensiunan dan ASN itu pun bertujuan menjaga agar pelaksanaan transformasi birokrasi berjalan efektif.

“Maka reformasi birokrasi harus terus diperkuat, agar dapat mewujudkan birokrasi pusat dan daerah yang efisien, kompeten, profesional, dan berintegritas,” ujar dia.

Presiden Jokowi juga menjelaskan soal postur RUU APBN 2024, yakni pendapatan negara direncanakan sebesar Rp 2.781,3 triliun.

BACA JUGA   HUT Bhayangkara Ke-77, Kodim 1628/Sumbawa Barat Beri Kejutan Untuk Polres Sumbawa Barat

Rinciannya, penerimaan perpajakan Rp 2.307,9 triliun, PNBP Rp 473 triliun, serta hibah sebesar Rp 0,4 triliun.

Lalu, belanja negara dialokasikan sebesar Rp 3.304,1 triliun yang terdiri dari belanja pemerintah pusat sebesar Rp 2.446,5 triliun dan transfer ke daerah sebesar Rp 857,6 triliun.

“Keseimbangan primer negatif Rp 25,5 triliun didorong bergerak menuju positif. Defisit anggaran sebesar 2,29 persen PDB atau sebesar Rp 522,8 triliun,” ujar dia.(Rozak)

Artikel Terkini

Back to top button