Ragam Informasi
Trending

Dengan Semangat Nuzulul Qur,an Kodim 1607/Sumbawa Ajang Tingkatkan Kesalehan Spritual dan Kesalehan Sosial

Sumbawa Besar.Mediajurnalindonesia.id -Kita ketahui ramadhan dan Alquran ruang serta waktu yang tepat untuk bermuhasabah, merefleksikan diri, meluruskan kembali niat untuk menuju kesalehan bagi umat Islam khususnya keluarga besar Kodim 1607/Sumbawa.

Hal tersebut disampaikan Dandim 1607/Sumbawa Letkol Czi Alit Setiawan,. Pg.Dip.Ss .,disela sela acara peringatan Nusulul qur,andi Masjid abul Khoir Kodim 1607/Sumbawa Jln Yos Sudarso Kelurahan Uma Sima Kabupaten Sumbawa, Sabtu (8/4/2023).

Diungkap Dandim kesalehan ibadah, kesalehan sosial kesalehan ibadah kita semua. diantaranya dengan memperbanyak amalan-amalan baik ibadah wajib maupun sunnah termasuk membaca Alquran termasuk menerapkan kesalehan sosial berbagi dengan sesama, ujarnya.

Para ulama menjelaskan, kesalehan tidak hanya tentang laku-laku ritual dan pertalian spiritual kita dengan Allah subhanahu wata’ala (hablum minallah). Tetapi juga terkait erat dengan hubungan sosial kita dengan sesama manusia (hablum minannas), bahkan, kepada sesama makhluk ciptaan Tuhan, sebagai ejawantah dari atensi ekologis kita terhadap semesta, semua itu telah diajarkan dalam alquran sebagai penuntun kita umat islam dalam menjalankan hidup di sehari hari, jelas Dandim.

Peringatan Nuzulul Qur’an yang selalu diperingati pada malam ke-17 Ramadhan, sebagai upaya untuk mengingatkan fungsi dan peran bagi kehidupan manusia sekaligus meningkatkan kecintaan serta memahani serta mengimplemtasikan apa yang terkandung dalam Al-Qur’an Khususnya bagi Anggota Kodim 1607/Sumbawa, sesuai tema momentum peringatan nuzulul quran semangat untuk meningkatkan kesalehan spritual dan sosial prajurit,.pns serta keluarga baik dalam melaksanakan tugas maupun kehidupan sehari hari, ujar Dandim.

BACA JUGA   Bupati H.Yaumil Ambo Djiwa .SH.Meriahkan Hari Jadi Kabupaten Pasangkayu Yang Ke-20 dengan Membuka Expo Pameran Pembangunan

Sementara penyampaian Tausiyah peringatan nuzulul quran yang disampaikan oleh Ustd Syukri Rahmat,S.Ag yang intinya, Bulan Ramdhan ini adalah merupakan bulan penuh hikmah bulan yang terbaik dari pada 11 bulan yang lainnya,oleh karena itu mari kita maksimalkan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT dengan melakukan ibadah dimana manusia tidak luput dari dosa dan khilaf baik disadari maupun tidak di sadari walaupun setinggi apapun ilmunya oleh itu bulan ramadhan inilah tempatnya untuk melakukan ibadah, ujarnya.

Perlu diketahui, Nuzulul Quran adalah peristiwa turunnya Al-Quran kepada Nabi Muhammad SAW dari perantara malaikat Jibril. Peristiwa Nuzulul Quran ini selalu diperingati oleh umat muslim khususnya di Indonesia dengan berbagai macam tradisi seperti yang baru saja dilaksanakan oleh anggota Kodim 1607/Sumbawa ,kegiatan ini terus kita lestarikan agar kita semua mendapatkan keberkahan dari Allah SWT, urainya.

BACA JUGA   Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 2 Tulangan Gelar Kreatif Challenge TK Se - Sidoarjo

Selain itu dalam malam Nuzulul Quran juga ada peristiwa Lailatur Qadar. Di mana pahala pada malam tersebut sebanding dengan melakukan ibadah selama seribu bulan. Maka dari itu umat Islam dianjurkan untuk memperbayak ibadah sunnah pada malam tersebut, pungkasnya.

Adapun hadir pada kesempatan tersebut Dandim 1607/Sumbawa Letkol Czi Alid Setiawan,.Pjs Pasi Pers Kodim 1607/Sumbawa Kapten Inf Abidin, Pjs Pasi Intel Dim 1607/Sumbawa Lettu Inf Ichsan Mashuri l,Dan Unit Inteldim 1607/Sumbawa Letda Inf Martiam, Ustd Abdul Kholil, Ustd Syukri Rahmat,S.Ag, Ketua Persit KCK cabang XXVI Kodim 1607/Sumbawa Ny. Novie Alid Setiawan, S.P., Anggota Kodim 1607/Sumbawa PNS, beserta Ibu Persit KCK Cabang XXVI Dim 1607/Sumbawa yang beragama Islam.

Kegiatan peringatan Nuzulul Qur,an yang dirangkaikan buka bersama anggota Kodim 1607/Sumbawa dimulai dan diawali dengan khataman Al-Qur’an.(Red)

Artikel Lainnya

Back to top button